STRATEGI INTERVENSI UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME PADA ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PAUD

Arfah Arfah, Bahtiar Siregar

Abstract


Kecanduan game pada anak usia dini menjadi salah satu tantangan serius dalam dunia pendidikan anak, termasuk di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dampak negatif dari kecanduan game meliputi gangguan perkembangan sosial-emosional, penurunan konsentrasi belajar, serta risiko gangguan kesehatan fisik dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merancang strategi intervensi yang efektif dalam mengatasi kecanduan game pada anak usia dini di lingkungan PAUD. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan observasi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi intervensi yang efektif melibatkan kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sosial anak melalui pendekatan edukatif, penguatan aktivitas fisik dan sosial, serta penerapan aturan penggunaan teknologi secara bijak. Selain itu, diperlukan program pendampingan berbasis permainan edukatif yang mampu mengalihkan ketertarikan anak dari game digital ke aktivitas yang lebih positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa upaya pencegahan dan penanganan kecanduan game harus dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan agar perkembangan anak usia dini dapat berjalan optimal sesuai tahapannya.

Keywords


Strategi Intervensi, Kecanduan Game, Anak Usia Dini, PAUD.

Full Text:

PDF

References


Arjat Jatmika, 2019, Komunikasi Kelompok, Bandung: Penerbit Alfabet.

Dina Bella Permata Sari, 2022, Strategi Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Pecandu Game Online Mobile Legend Di Labuhan Ratu Empat Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, ISNTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.

Edi Suryadi, 2008, Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

FriciliaiE, A. Y. (2014). PengaruhiTerapi Bermain MewarnaiiGambar Terhadap Tingkat Kecemasan PadaiAnak Usia Pra SekolahiAkibat Hospitalisasi Di RSUP DiKandou Manado. JurnaliStudi Ilmu KeperawataniFakultas Kedokterani.

Hallen. 2002, Bimbingan danikonseling. Jakarta: Ciputatipers.

Heri Hermawan Dan Abdul Kudus,2021, Peran Orang Tua dalam Mencegah Anak Kecanduan Bermain Game Online di Era Digital”, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2 No. 5.

Muazar Habibi, 2022, Penanganan Kecemasan pada Anak Usia Dini Melalui Terapi Bermain, urnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 7 Nomor 1 Maret 2022.

Naruli Effendy, 1998, Keperawatan KesehataniMasyarakat, Jakarta: EGC 1998.

R. Mashar, (2014). emosi anak usia dini dan strategi penanganannya. Jakarta: kencana perdana media grup

Rini, iA. 2011. Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta: Pustaka Mina.

SriiWahyuni Adiningtiyas, 2027, Peran Guru DalamiMengatasi Kecanduan Game Online, Jurnal KOPASTA, 4.

Syamsui Yusuf, 2009, PsikologiiPerkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya.

Zakiah Daradjat, 2014, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arfah Arfah, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index