MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DAN PENGUATAN KARAKTER MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Suhendri Suhendri, Nazla An Nuha, Mhd. Okta Duli Lubis

Abstract


Lembaga pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang religius sekaligus mampu hidup harmonis dalam masyarakat multikultural. Moderasi beragama menjadi pendekatan penting untuk menghadirkan pemahaman keagamaan yang tidak ekstrem, adaptif terhadap keberagaman, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini membahas bagaimana lembaga pendidikan Islam dapat menjadi ruang yang subur bagi tumbuhnya moderasi beragama dan karakter multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan studi literatur yang menganalisis konsep moderasi beragama, prinsip-prinsip pendidikan multikultural, serta strategi integratif dalam lingkungan madrasah, pesantren, dan sekolah Islam. Temuan menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan moderasi beragama dan penguatan karakter multikultural sangat bergantung pada kebijakan institusional, kompetensi guru, kurikulum yang inklusif, serta budaya sekolah yang mendukung toleransi dan dialog antarbudaya. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, pendidik, dan komunitas agama dalam menciptakan ekosistem pendidikan Islam yang moderat dan inklusif.

Keywords


moderasi beragama, pendidikan Islam, karakter multikultural, toleransi, inklusivitas

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., Hanum, L., & Daulay, S. Y. (2024). Analisis implementasi pendidikan multikulturalisme dan tantangan keragaman di sekolah menengah atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 9(2), 256–268. https://doi.org/10.23916/085117011

E. Semila, C. (2025). The Roles of Multicultural Education: A Research Article on Promoting Inclusivity, Cultural Awareness, and Global Preparedness. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.47772/IJRISS.2024.8120133

Fauzi, M. M. (2024). Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(4), 326–334. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i2.1768

Febriyanti, F., Handriadi, H., Udin, T., Suhendri, S., & Awaru, A. O. T. (2023). Educational Model of Religious Humanist Values In Madrasah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02), 2161–2176. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4540

Fuertes, G., Alfaro, M., Vargas, M., Gutierrez, S., Ternero, R., & Sabattin, J. (2020). Conceptual Framework for the Strategic Management: A Literature Review - Descriptive. Journal of Engineering (United Kingdom), 2020(1), 1–21. https://doi.org/10.1155/2020/6253013

Idris, M., & Putra, A. (2021). The Roles of Islamic Educational Institutions in Religious Moderation. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 6(1), 25. https://doi.org/10.29240/ajis.v6i1.2555

Jamarudin, A., Ulya, M., Abdul Fatah, R., & Wage, W. (2022). Implementing Religious Moderation Using the Perspective of the Qur’an. KnE Social Sciences, 2022, 579–590. https://doi.org/10.18502/kss.v7i8.10776

Kementerian Agama RI. (2019a). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. In Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa (Vol. 1, Issue 1). Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa.

Kementerian Agama RI. (2019b). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Ed.), Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (1st ed., Vol. 1, Issue 1).

Putra, A., Homsatun, A., Jamhari, J., Setiani, M., & Nurhidayah, N. (2021). Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra sebagai Jalan Moderasi Beragama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 212–222. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224

Suhendri. (2020). Revitalizing the Role of Teachers in Islam: Internalizing the Values of Moderation in Learning. https://pps.iainsalatiga.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/Revitalizing-The-Role-of-Teachers-in-Islam-Internalizing-The-Values-of-Moderation-in-Learning.pdf

Sundari, I. et. al. (2024). Integrasi Nilai-nilai Multikulturisme dalam Pembelajaran untuk Membangun Toleransi MIN 1 Labuhan Batu. Tarbiyah, 31(2), 368–376. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i2.4051

Suradi, A. (2018). Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Globalisasi. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 77. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8831

Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 2(2), 131–144.

Zulkifli, Kafid, N., Nanang, H., & Fahri, M. (2023). The Construction of Religious Moderation Among Indonesian Muslim Academics. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 13(2), 337–366. https://doi.org/10.15642/teosofi.2023.13.2.337-366.


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Suhendri Suhendri, Nazla An Nuha, Mhd. Okta Duli Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index