PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PILAR MODERASI BERAGAMA DAN PENGUAT IDENTITAS MULTIKULTURAL INDONESIA
Abstract
Artikel ini membahas peran strategis pendidikan Islam dalam mewujudkan moderasi beragama dan memperkuat identitas multikultural di Kota Medan, Sumatera Utara, sebagai kota dengan tingkat keberagaman etnis dan agama yang tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi pada sejumlah lembaga pendidikan Islam, baik formal maupun nonformal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama telah diintegrasikan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pendekatan dialogis, inklusif, dan berbasis pada pengalaman lintas budaya siswa. Selain itu, pemikiran tokoh Islam klasik seperti Imam al-Ghazali turut memperkuat dimensi spiritual dan etis dalam pembentukan karakter moderat siswa. Meskipun demikian, implementasi pendidikan Islam berbasis moderasi beragama masih menghadapi tantangan, seperti segmentasi dalam pengajaran agama, resistensi dari sebagian pihak, serta pengaruh media sosial terhadap pemahaman keberagamaan generasi muda. Oleh karena itu, pendidikan Islam perlu terus diperkuat melalui pelatihan guru, pembaruan kurikulum, serta kolaborasi antarsektor pendidikan dan masyarakat. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam memiliki peran vital dalam membentuk generasi yang tidak hanya religius secara ritual, tetapi juga memiliki kesadaran sosial, sikap toleran, dan kemampuan hidup dalam keberagaman sebagai wujud nyata dari karakter bangsa Indonesia yang multikultural dan moderat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, M. F., Nababan, S. A., & Rahmat, D. (2023). Penerapan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Islam di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(3), 120–127.
Abidin, Z. (2009). Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Balai Litbang Agama.
Harefa, R., & Tambunan, N. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran PAI di SMKS Yapim Medan. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 13(1), 18–37. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i1.1164
Ikhwan, M., Wahyudi, D., & Alfiyanto, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Moderasi Beragama di Indonesia. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 21(1), 1–15.
Irmawati, & Mardiana, D. (2024). Pendidikan Multikultural Paradigma Moderasi Beragama Perspektif Imam Al-Ghazali. Hikmah, 21(1), 35–45. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/366
Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 820–830.
Pancabudi, Y. P. (2023). Implementasi Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Berbasis Multikultural di SMA YP Raksana Medan. Repository Universitas Pembangunan Panca Budi. https://repository.pancabudi.ac.id/website/detail/28192/penelitian/implementasi-moderasi-beragama-melalui-pembelajaran-pendidikan-agama-berbasis-multikultural-di-sma--yp-raksana-medanRepository Panca Budi
Putra, I. M. (2023). Pemahaman Moderasi Beragama dan Tingkat Toleransi pada Milenial Muslim di Perkotaan Sumatera Utara. Intizar, 29(1), 1–15.
Rambe, Y., & Sari, I. M. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Sumatera Utara: Sebuah Kajian Empiris. Jurnal Kajian Agama dan Masyarakat, 8(3), 112–130.
Syuhud, A., Bangun, K., & Masrura, D. (2024). Kebijakan Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 151–160.
Taufiq, F., & Alkholid, A. M. (2021). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–15.
Article Metrics
Abstract view : 12 timesPDF – 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Henni Syafriana Nasution, Muhammad Luthfie Ramadhani Suprapto, Icmi Humairah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index