KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINANAN ANAK DI PAUD AR RAHMAH KISARAN

Siti Khadijah, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kolaborasi antara guru dan orang tua dalam menumbuhkan kedisiplinan anak di PAUD Ar Rahmah Kisaran. Kedisiplinan pada usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan pembiasaan perilaku positif yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi guru dan orang tua terjalin melalui komunikasi rutin, pelibatan orang tua dalam kegiatan pembelajaran, serta kesepakatan bersama dalam penerapan aturan dan konsekuensi yang konsisten baik di sekolah maupun di rumah. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing dan memberi pemahaman tentang pentingnya kedisiplinan, sedangkan orang tua berperan sebagai pendukung dalam menerapkan nilai-nilai tersebut di lingkungan keluarga. Faktor pendukung keberhasilan kolaborasi ini adalah komunikasi yang terbuka, kesamaan persepsi tentang pentingnya disiplin, serta adanya program kerja sama yang terstruktur. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi perbedaan pola asuh di rumah, keterbatasan waktu orang tua, dan kurangnya pemahaman sebagian orang tua mengenai peran aktif mereka dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi yang sinergis antara guru dan orang tua sangat berkontribusi dalam pembentukan kedisiplinan anak di PAUD, serta merekomendasikan penguatan program kemitraan berbasis komunikasi dua arah dan pelatihan orang tua sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.

Keywords


Kolaborasi, Guru, OrangTua, Kedisiplinan, Anak.

Full Text:

PDF

References


Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Nofianti, R. (2023). Bimbingan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Sholat di Desa Kelambir V Kebun Kab. Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2490. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13601/10339

Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Apriani, R. (2019). Pendidikan Kecerdasan Moral pada Anak Usia Dini Persfektif Pemikiran Michele Borba. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3663/1/RENI APRIANI.pdf

Harahap, M. Y. (2022a). Family Based Education in Educating Youth Character. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 176–187. https://doi.org/10.51672/ALFIKRU.V16I2.106

Harahap, M. Y. (2022b). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam. Patron Institute.

Harahap, M. Y., & Ependi, R. (2023). Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah (E. Rianti (ed.)). PT Green Pustaka Indonesia.

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Nur Zuliasanita, Y. (2016). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Anak Di Tk Al Islam Azhar Cairo Banda Aceh. 7(3), 1–23.

Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.

Saudah, S., Sri Hidayati, & Resti Emilia. (2022). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51–62. https://doi.org/ 10.24252/nananeke.v5i1.27174

Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/ 10.21043/thufula.v8i2.8796

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Wahyu Nugroho. (2022). Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 853–862. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2791

Widya, R. dan M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2),58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Khadijah, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index