PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Risky Ayu Permata, Siti Alawiah Biastri Pelawi, Siti Aisyah Br Sipayung, Dhia Asy Syafa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pendidik dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di TK Al-Insani Tembung, subjek penelitian ini guru dan anak TK B usia 5-6 tahun berjumlah 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendidik dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Insani cukup baik terlihat dari cara guru dalam mengajarkan nilai-nilai keislaman seperti mengajarkan nilai akidah, ibadah dan akhlak melalui metode bercerita, bernyanyi dan keteladanan sehingga anak-anak mampu memahami nilai-nilai kehidupan berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah. Sedangkan faktor pendukung dilihat dari cara mengajar guru yang kreatif sehingga anak-anak mudah memahami materi pembelajaran yang diajarkan, sedangkan faktor penghambat dari media pembelajaran yang kurang banyak dan bervariasi, dan kurangnya pemahaman orang tua dalam menunjukkan perilaku baik kepada anak. Namun, lembaga sekolah dan guru akan mengevaluasi agar terjalinnya komunikasi dan kerja sama yang baik kepada orang tua agar terwujudnya anak-anak yang berperilaku terpuji dan serta menjadi anak sholeh dan sholehah.

Keywords


Peran Pendidik, Nilai-Nilai Keislaman.

Full Text:

PDF

References


Achmad, Fatoni, Bujuna Al Hadad, and Masayu Rasyid. 2022. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 4 (2): 63–75. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5182.

Alya Nabila, Anissa, Dina Karimah, and Nuraina. 2023. “Peran Guru Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Terhadap Pandangan Islam.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1 (4): 960–73. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index.

Inawati, Asti. 2017. “Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati.” Jurnal Pendidikan Anak 3 (1): 2017. https://sofwan07.wordpress.com/2013/12/06/10-tanda-akan-hancurnya-suatu-.

Nurhayati, Eti. 2016. “Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Bagi Anak Usia Dini.” Awlady: Jurnal Pendidikan Anak 2 (2).

Sari, Intan Puspita, Arlina, and Enny Nazrah Pulungan. 2025. “PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NIZAM.” Jurnal Pelangi 7 (1): 69–92.

Syaikhon, Muhammad. 2017. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Tk Taam Adinda Kepatihan Menganti Gresik.” Education and Human Development Journal 3 (1): 91–100. https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.91.

Wardati, Ridha Anis, and Auliatur Nur Rhida. 2024. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Model Uswatun Hasana Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 24 (1): 2024.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Risky Ayu Permata, Siti Alawiah Biastri Pelawi, Siti Aisyah Br Sipayung, Dhia Asy Syafa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index