STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TKQ KARIMAH BATUBARA

Zairina Zairina, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TKQ Karimah Batubara. Kemandirian merupakan salah satu aspek perkembangan penting pada masa kanak-kanak, yang mencerminkan kemampuan anak untuk mengambil keputusan, menyelesaikan tugas secara mandiri, serta bertanggung jawab terhadap perilakunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan kepala sekolah, serta anak-anak usia 4–6 tahun sebagai objek pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi, antara lain pemberian tugas rutin yang sesuai dengan usia, pembiasaan positif, pemberian pilihan, serta penggunaan metode bermain sambil belajar untuk menstimulasi inisiatif anak. Selain itu, lingkungan belajar yang mendukung, komunikasi efektif dengan orang tua, dan pemberian apresiasi terhadap pencapaian anak turut menjadi faktor penting dalam proses pembentukan kemandirian. Strategi tersebut secara signifikan mendorong anak untuk lebih percaya diri, mampu mengatur diri sendiri, dan menunjukkan perilaku mandiri dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta kolaborasi intensif antara sekolah dan orang tua dalam mendukung tumbuhnya kemandirian anak usia dini.

Keywords


Strategi, Guru, Mengembangkan, Kemandirian, Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Apriani, R. (2019). Pendidikan Kecerdasan Moral pada Anak Usia Dini Persfektif Pemikiran Michele Borba. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3663/1/RENI APRIANI.pdf'

Harahap, M. Y. (2022a). Family Based Education in Educating Youth Character. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 176–187. https://doi.org/10.51672/ALFIKRU.V16I2.106

Harahap, M. Y. (2022b). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam. Patron Institute.

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. International Universities Press.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Rohinah. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pengembangan Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup Bagi Anak Usia Dini di RA UIN Sunan Kalijaga dan Tk Khalifah. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–14. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1539

Rozie, F. (2021). Stimulasi Anak Usia 5-6 Tahun Yang Memiliki Gangguan Speech Delay Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif. https://ihdnpress.ihdn.ac.id/wp-content/uploads/2021/11/PROSIDING-SEMADI_5_final.pdf#page=55

Rozana, S., Wulan, D. S. A., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak usia dini (teori dan praktik). Edu Publisher.

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zairina Zairina, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index