THE EFFECTIVENESS OF OPENING AND CLOSING LESSONS IN THE CONTEXT OF ISLAMIC EDUCATION AT THE PRIVATE MADRASAH ALIYAH AMALIYAH SUNGGAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Nofianti, R. (2023). Bimbingan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Sholat di Desa Kelambir V Kebun Kab. Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2490. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13601/10339
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Charles Rangkuti, Rustam Ependi, N. A. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Quran: Pendekatan Kecerdasan Majemuk. PT Green Pustaka Indonesia.
Ependi, R. (2020). Solution To Islamic Education Problems Transitive Islamic. 8(11), 730–738.
Fauzi, W. N. A. (2021). Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar Semasa Pandemi Covid-19: Indonesia. Jurnal Al-Mafahim: Pendidikan Guru …, 5(1), 17. https://doi.org/http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/index
Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). View of Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.748
Ismaraidha, Asmidar Parapat, Nanda Rahayu Agustia, O. S. (2020). Internalisasi Nilai Keagamaan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1589-1594
Ismaraidha, Zannatunnisya, O. A. (2020). Peranan Ikatan Remaja Mesjid Gemar Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Di Desa Pahlawan Kabupaten Batubara. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3426-3431
Kadir, M., & Rukiyah, I. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi PGMI IAIN Samarinda: Studi pada Mahasiswa yang Mengajar di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(2), 233–246. https://doi.org/10.21093/sy.v6i2.1385
Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 9(2), 576–585. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Rouf. (2016). Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. Tadarus, 5(1), 70.
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Nofianti, R. (2023). Bimbingan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Sholat di Desa Kelambir V Kebun Kab. Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2490. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13601/10339
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Charles Rangkuti, Rustam Ependi, N. A. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Quran: Pendekatan Kecerdasan Majemuk. PT Green Pustaka Indonesia.
Ependi, R. (2020). Solution To Islamic Education Problems Transitive Islamic. 8(11), 730–738.
Fauzi, W. N. A. (2021). Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar Semasa Pandemi Covid-19: Indonesia. Jurnal Al-Mafahim: Pendidikan Guru …, 5(1), 17. https://doi.org/http://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/index
Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). View of Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.748
Ismaraidha, Asmidar Parapat, Nanda Rahayu Agustia, O. S. (2020). Internalisasi Nilai Keagamaan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1589-1594
Ismaraidha, Zannatunnisya, O. A. (2020). Peranan Ikatan Remaja Mesjid Gemar Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Di Desa Pahlawan Kabupaten Batubara. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3426-3431
Kadir, M., & Rukiyah, I. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi PGMI IAIN Samarinda: Studi pada Mahasiswa yang Mengajar di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(2), 233–246. https://doi.org/10.21093/sy.v6i2.1385
Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 9(2), 576–585. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Rouf. (2016). Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. Tadarus, 5(1), 70.
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Widya, R. dan M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF – 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index