Edupreneurship sebagai Pilar Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan

Muhammad Kalkautsar

Abstract


Perubahan sosial, teknologi, dan lingkungan menuntut sistem pendidikan untuk bertransformasi menuju pendekatan yang lebih adaptif dan berkelanjutan. Edupreneurship, yang merupakan integrasi antara pendidikan dan kewirausahaan, muncul sebagai strategi inovatif dalam menjawab tantangan tersebut. Edupreneurship menekankan pentingnya kreativitas, kemandirian, serta pemanfaatan peluang dalam penyelenggaraan pendidikan yang solutif dan berdampak sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kontribusi edupreneurship dalam mendukung pendidikan berkelanjutan melalui pendekatan studi literatur dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa edupreneurship memiliki potensi besar dalam menciptakan model pembelajaran yang relevan, inklusif, dan inovatif, sekaligus memperluas akses pendidikan melalui teknologi digital. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong kemandirian lembaga pendidikan dari sisi pendanaan dan pengelolaan. Meskipun demikian, implementasinya menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya dukungan kebijakan, serta rendahnya literasi kewirausahaan di kalangan pendidik. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan pelaku industri untuk menciptakan ekosistem yang mendukung edupreneurship sebagai pilar utama dalam mewujudkan pendidikan yang berkelanjutan di masa depan.


Keywords


Edupreneurship, Pendidikan Berkelanjutan, Inovasi, Kewirausahaan Sosial, Transformasi Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Hamid, M. A. (2023). Edupreneurship sebagai solusi inovatif pendidikan pascapandemi. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 4(3), 110–119.

Kuratko, D. F. (2014). Entrepreneurship: Theory, process, practice (9th ed.). Cengage Learning.

Raharjo, B. (2022). Transformasi digital dan edupreneurship di era 5.0. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(1), 30–37.

UNESCO. (2020). Education for sustainable development: A roadmap. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802

Wahyuni, S. (2021). Edupreneurship dalam meningkatkan kemandirian lembaga pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(2), 45–52.




DOI: https://doi.org/10.46576/prosftik.v2i1.592

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Kalkautsar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAWANGSA PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFTIK/index