Edupreneurship sebagai Pilar Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan
Abstract
Perubahan sosial, teknologi, dan lingkungan menuntut sistem pendidikan untuk bertransformasi menuju pendekatan yang lebih adaptif dan berkelanjutan. Edupreneurship, yang merupakan integrasi antara pendidikan dan kewirausahaan, muncul sebagai strategi inovatif dalam menjawab tantangan tersebut. Edupreneurship menekankan pentingnya kreativitas, kemandirian, serta pemanfaatan peluang dalam penyelenggaraan pendidikan yang solutif dan berdampak sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kontribusi edupreneurship dalam mendukung pendidikan berkelanjutan melalui pendekatan studi literatur dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa edupreneurship memiliki potensi besar dalam menciptakan model pembelajaran yang relevan, inklusif, dan inovatif, sekaligus memperluas akses pendidikan melalui teknologi digital. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong kemandirian lembaga pendidikan dari sisi pendanaan dan pengelolaan. Meskipun demikian, implementasinya menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya dukungan kebijakan, serta rendahnya literasi kewirausahaan di kalangan pendidik. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan pelaku industri untuk menciptakan ekosistem yang mendukung edupreneurship sebagai pilar utama dalam mewujudkan pendidikan yang berkelanjutan di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamid, M. A. (2023). Edupreneurship sebagai solusi inovatif pendidikan pascapandemi. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 4(3), 110–119.
Kuratko, D. F. (2014). Entrepreneurship: Theory, process, practice (9th ed.). Cengage Learning.
Raharjo, B. (2022). Transformasi digital dan edupreneurship di era 5.0. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(1), 30–37.
UNESCO. (2020). Education for sustainable development: A roadmap. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802
Wahyuni, S. (2021). Edupreneurship dalam meningkatkan kemandirian lembaga pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(2), 45–52.
DOI: https://doi.org/10.46576/prosftik.v2i1.592
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Kalkautsar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAWANGSA PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFTIK/index