Membangun Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan melalui Edupreneurship

Vidiani Br Sembiring

Abstract


Pendidikan berkelanjutan menjadi fondasi utama dalam menciptakan masyarakat yang adaptif, inklusif, dan tangguh menghadapi perubahan global. Di era disrupsi teknologi dan tantangan ekonomi saat ini, pendekatan konvensional dalam pendidikan mulai dirasakan kurang relevan. Dalam konteks ini, edupreneurship muncul sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam dunia pendidikan untuk menghasilkan sistem pembelajaran yang lebih dinamis, mandiri, dan berdampak sosial. Edupreneurship tidak hanya berfokus pada keuntungan ekonomi, tetapi juga pada penciptaan nilai-nilai sosial melalui inovasi pendidikan. Artikel ini bertujuan mengkaji peran strategis edupreneurship dalam mewujudkan pendidikan berkelanjutan di Indonesia. Melalui metode studi pustaka dan pendekatan deskriptif kualitatif, artikel ini mengungkapkan bahwa edupreneurship dapat menjadi pendorong transformasi pendidikan melalui penciptaan platform digital, metode pembelajaran kreatif, serta kolaborasi lintas sektor. Namun demikian, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya literasi kewirausahaan di kalangan pendidik dan keterbatasan akses pendanaan. Oleh karena itu, perlu dukungan ekosistem pendidikan yang kondusif agar edupreneurship dapat berkontribusi secara optimal terhadap masa depan pendidikan yang berkelanjutan.


Keywords


Edupreneurship, Pendidikan Berkelanjutan, Inovasi, Kewirausahaan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Basri, H., & Kurniawan, D. (2022). Edupreneurship sebagai strategi inovasi pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 112–122.

Dees, J. G. (2001). The meaning of “social entrepreneurship”. Center for the Advancement of Social Entrepreneurship, Duke University. https://centers.fuqua.duke.edu/case/wp-content/uploads/sites/7/2015/02/CASE-MeaningofSocialEntrepreneurship.pdf

Suryana, Y. (2020). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses (Edisi Revisi). Jakarta: Salemba Empat.

UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. Paris: UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444

Wikan, S. (2021). Edupreneurship dalam pendidikan: Antara tantangan dan peluang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(1), 45–53.




DOI: https://doi.org/10.46576/prosftik.v2i1.590

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Vidiani Br Sembiring

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAWANGSA PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFTIK/index