INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN
Abstract
Bahasa ekspresif merupakan kemampuan anak untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media boneka tangan dalam pembelajaran untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian guru dan anak usia 5–6 tahun pada satu PAUD. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi berupa foto, video, RPPH, dan hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka tangan mampu meningkatkan keaktifan verbal anak, keberanian berbicara, ekspresi ide dan perasaan, serta penggunaan kosakata baru. Anak-anak lebih antusias mengikuti kegiatan bercerita dan bermain peran, sementara guru melaporkan bahwa boneka tangan membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan mendukung perkembangan bahasa ekspresif. Penelitian ini menegaskan bahwa media kreatif seperti boneka tangan efektif sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran bahasa ekspresif anak usia dini, dan dapat diterapkan baik di kelas maupun di rumah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnita, J., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Moral Anak Usia Dini Usia 0-6. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender, Dan Anak, 16(2), 289–306.
Andriani, E., Fahruddin, Nurhasanah, & Rachmayani, I. (2022). Increasing Children’s Expressive Language Development through the Role-Playing Method. Path of Science, 8(6), 3007–3011. https://doi.org/10.22178/pos.82-12
Anggraeni, V., Romadona, N. F., & Kurniati, E. (2025). Parents’ Perspectives on Children’s Expressive Language Disorders: A Qualitative Case Study of Early Childhood Development. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 10(1), 115–126. https://doi.org/10.14421/jga.2025.101-09
Arif Rifa’i, Dwi Andayani, Indri Vitriani, Saifuddin Helmi, Indah Lestari, & Mochamad Widjanarko. (2025). Dunia Boneka, Ribuan Kata: Mengungkap Peran Permainan Boneka Dalam Pengembangan Kosakata Dan Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 5(2), 399–410. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v5i2.7155
DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.609
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Halimah Halimah, Siti Mutiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index



.png)

