ABSENSI BARCODE UNTUK MENUMBUHKAN DISIPLIN ISLAM PADA SISWA MAS MIFTAHUSSALAM

Alya Salsabila, Muhammad Yunan Harahap

Abstract


Penelitian berbasis pustaka ini membahas implementasi sistem absensi berbasis kode batang sebagai upaya menumbuhkan kedisiplinan Islami pada siswa MAS Miftahussalam. Disiplin merupakan pilar penting dalam pendidikan Islam karena berkaitan erat dengan pembentukan akhlak mulia, keteraturan belajar, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Dalam perspektif Islam, disiplin tidak hanya dipahami sebagai kepatuhan terhadap peraturan sekolah, tetapi juga sebagai wujud ketaatan seorang Muslim dalam menjaga waktu, memenuhi kewajiban, dan menjunjung tinggi amanah. Sistem absensi berbasis kode batang dikaji sebagai inovasi teknologi yang dapat meningkatkan akurasi, efisiensi, dan transparansi pencatatan kehadiran siswa. Melalui kajian pustaka, ditemukan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam manajemen absensi dapat meminimalkan kecurangan, mempercepat proses administrasi, dan menyediakan data yang lebih valid untuk evaluasi kedisiplinan. Integrasi teknologi dengan nilai-nilai Islam menunjukkan bahwa kedisiplinan tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga spiritual. Dengan demikian, absensi berbasis kode batang berpotensi menjadi sarana strategis dalam membiasakan siswa untuk tepat waktu, menjunjung tinggi aturan, dan menumbuhkan tanggung jawab sesuai dengan prinsip-prinsip kedisiplinan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan budaya disiplin melalui absensi barcode sejalan dengan tujuan pendidikan Islam dalam membentuk generasi yang berilmu, berakhlak mulia, dan berintegritas.

Keywords


Absensi Barcode, Disiplin Islam, Teknologi Pendidikan, Akhlak Siswa

Full Text:

PDF

References


Rahman, MH (2021). Implementation of the Discovery Learning Model in Early Childhood Education. Early Childhood: Journal of Education, 5(2), 223-240.

Lubis, SIA, Rahman, MH, & Yanti, N. (2023). Early Childhood Teachers In The Digital Era. Nusantara: Journal of Social Sciences, 10(2), 949-954.

Harahap, MY (2022). Family Based Education in Educating Youth Character. Al-Fikru: Scientific Journal, 16(2), 176-187.

Lubis, S., Tumiran, T., Harahap, MY, & Rahayu, S. (2024). Review of Fiqh Learning at Mawaris Islamic High School, Tarbiah Islamiyah, Hamparan Perak District, Deli Serdang Regency. Islamic Journal, 7(1), 271-285.

Panggabean, HS, Lubis, S., & Ependi, R. (2022). Strengthening Faith and the Need for Halal Food in Religious Practice in the Muslim Community of Lau Gumba Village, Berastagi District, Karo Regency. CERMIN: Research Journal, 6(1), 179-192.

Abrianto, D., Tumiran, T., & Panggabean, HS (2023). Optimizing the Use of Google Classroom in an Effort to Improve Learning Media Knowledge of Teachers at MAS Tarbiyyah Islamiyah Hamparan Perak. Maslahah: Journal of Community Service, 4(2), 71-79.

Setiawan, HR, & Abrianto, D. (2021). Becoming a professional educator (Vol. 1). umsu press.

Abrianto, D., Tumiran, T., Rangkuti, C., & Umat, H. (2024). Teachers' Pedagogical Competence In The Learning Process Of Islamic Religious Education At Muhammadiyah 02 Private Senior High School Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(04), 889-908.

Tumiran, T., Ependi, R., Abrianto, D., & Sitorus, PA (2025). Spiritually Based Classroom Management as a Strategy for Improving Learning Quality Amid the Challenges of Modernity in Islamic Education. Fitrah: Journal of Islamic Education, 6(1), 49-66.

Lubis, S., Ependi, R., Tumiran, T., Harahap, MY, & Hakim, A. (2023). The Relevance of Jamal Al-Banna's Islamic Legal Thoughts with Religious Moderation in Indonesia. Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 8(1 May), 237-252.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.607

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alya Salsabila, Muhammad Yunan Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index