TANTANGAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING KEBIASAAN IBADAH ANAK DI ERA KETERGANTUNGAN GADGET DI KLAMBIR LIMA GG. GEMBIRA: PERSFEKTIF PEMBELAJARAN PAI

Dewi Agustin, Tumiran Tumiran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan orang tua dalam membimbing kebiasaan ibadah anak di era ketergantungan gadget, khususnya di Klambir Lima Gg. Gembira. Perkembangan teknologi digital yang pesat telah membawa perubahan signifikan terhadap pola hidup anak, termasuk dalam aspek spiritualitas. Anak-anak cenderung lebih terdistraksi oleh hiburan digital dibandingkan aktivitas ibadah, sehingga kualitas dan konsistensi pelaksanaan ibadah mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari 10 orang tua dan 10 anak yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketergantungan gadget menimbulkan berbagai tantangan, antara lain distraksi anak saat ibadah, resistensi psikologis, lemahnya pengawasan orang tua, serta pengaruh lingkungan sosial dan teman sebaya yang memperkuat kebiasaan digital. Dampaknya, ibadah sering dilakukan secara terburu-buru, ditunda, atau bahkan terabaikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran orang tua sangat krusial sebagai teladan, pengawas, dan pendamping spiritual. Sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat diperlukan agar nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dapat diterapkan secara konsisten, sehingga anak mampu menempatkan ibadah sebagai prioritas meski berada di tengah derasnya arus digitalisasi.

Keywords


Orang tua, Ketergantungan Gadget, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Aulia, H., Diana, D., & Suryaningsih, J. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 1906–1911. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i6.1141

Azzahra, A., Darmawan, I., Karlina, I., Lampung, U., & Lampung, K. B. (2025). Analisis Dampak Kecanduan Gadget Sebagai Pemicu. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(6).

Bunyamin. (2021). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah Menurut Prof. Dr. Zakiyah Daradjat. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 13–32. https://doi.org/10.22236/jpi.v12i1.7007

Fadila, N., Qurrotul ’aini, I., & Hariry, S. (2025). Kecanduan Gadget Dan Distraksi Belajar: Terapi Pendidikan Ruhani Dalam Kehidupan Siswa Gadget Addiction and Learning Distraction: Spiritual Education Therapy in Students’ Lives. 12930–12937.

Fathia Nurfadilah, et all. (2020). Upaya Orang Tua Untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan Gadget. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 55.

Fauziyah, N. K., Adnan, & Putri, A. (2022). Analisis Interaksi Sosial Anak Usia Dini Pengguna Gadget dengan Teman Sebaya. Ash-Shudur: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 29–42.

Hamdan, subakti hanin; prisusanti dewi retno; fahmi aisyah; haryanti suci; pangestu ari nova; primasari anggun nessy; putri surya novita; adinata arfan A. hadi irwan; firmansyah. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Hariani, S. R. (2022). Strategi pendidik dalam mengembangkan peran peer group untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini di lingkungan sekolah. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 1–6. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v7i3.60085

Hudi, I., Noviola, D. S., & Matang, M. (2022). Globalisasi dan Gadget Dikalangan Anak Usia Dini: Dampak Penggunaan, Peran Orang Tua dan Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14837–14844.

Iswan Fadlin. (2021). Perkembangan Psikologis Anak Usia Pendidikan Dasar; Emosional, Kognitif, dan Psikomotor. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 180–192. https://doi.org/10.54621/jiaf.v10i2.161




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.601

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF – 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Agustin, Tumiran Tumiran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index