AL-QUR’AN DAN KECERDASAN EMOSI: INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN MENTAL HEALTH DI MAS ISLAMIYAH SUNGGAL

Intan Astina Dewi, Danny Abrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat membentuk kecerdasan emosi dan mendukung kesehatan mental (mental health) peserta didik di MAS Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI mengintegrasikan nilai-nilai Qur’ani secara tematik dan aplikatif melalui pembelajaran berbasis kisah, tadabbur, serta pembiasaan sikap religius seperti sabar, tawakal, dan syukur. Nilai-nilai ini terbukti membantu siswa dalam mengelola emosi, meningkatkan kesadaran diri, serta membangun hubungan sosial yang sehat. Keteladanan guru dan kolaborasi antara guru PAI dan guru BK juga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pembinaan mental health siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Al-Qur’an tidak hanya relevan sebagai sumber ajaran keagamaan, tetapi juga memiliki kekuatan transformatif dalam membentuk ketahanan emosional remaja melalui pendekatan pendidikan Islam yang holistik. Temuan ini diharapkan menjadi kontribusi dalam pengembangan model pendidikan yang integratif antara spiritualitas dan psikologi remaja di madrasah.

Keywords


Alquran dan Kecerdasan, Emosi, Integrasi PAI, Mental Health

Full Text:

PDF

References


Ayati, N. (2019). Konsep Pendidikan Spiritual. Jurnal Cakrawala: Studi Manjemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1), 16–46. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112

Charles Rangkuti, Rustam Ependi, N. A. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Quran: Pendekatan Kecerdasan Majemuk. PT Green Pustaka Indonesia.

Faruq, A., & Subhi, M. R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.522

Hardiyana, A. (2020). Peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui bermain. Jurnal Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 1(1).

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-ayat alquran tentang manajemen pendidikan islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/10.47668/PKWU.V11I2.748

Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264

Kadir, A. A. (2003). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Indobis Media Centre.

Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88. https://doi.org/10.19105/TJPI.V15I1.2416

Lubis, S., Tumiran, Harahap, M. Y., & Rahayu, S. (2025). Teachers’ Strategies in Teaching Mawaris Fiqh at the Islamic Tarbiyah Senior High School, Hamparan Perak District. International Conferance Of Digital Sciences And Engineering Technology , 129–138. https://proceeding.pancabudi.ac.id/index.php/ICDSET/article/view/321

Marsyivania Ziven Aghata, R. J. R. (2025). Metode Flash dalam Mewujudkan Synergy of Faith and Education di Rumah Tahfidz Al-Quran (RTQ) Aisyiyah Nganjuk. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 80–86. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/oai

Moeleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Rifa, M. A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 116–124. http://eprints.uad.ac.id/9770/1/116-124 Mochamad Arinal Rifa.pdf

Swendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra.

Ulfatin, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya (Edisi Pert). Media Nusa Creative.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.577

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Intan Astina Dewi, Danny Abrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index