AL-QUR’AN DAN KECERDASAN EMOSI: INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN MENTAL HEALTH DI MAS ISLAMIYAH SUNGGAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayati, N. (2019). Konsep Pendidikan Spiritual. Jurnal Cakrawala: Studi Manjemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1), 16–46. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112
Charles Rangkuti, Rustam Ependi, N. A. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Quran: Pendekatan Kecerdasan Majemuk. PT Green Pustaka Indonesia.
Faruq, A., & Subhi, M. R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.522
Hardiyana, A. (2020). Peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui bermain. Jurnal Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 1(1).
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-ayat alquran tentang manajemen pendidikan islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/10.47668/PKWU.V11I2.748
Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264
Kadir, A. A. (2003). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Indobis Media Centre.
Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88. https://doi.org/10.19105/TJPI.V15I1.2416
Lubis, S., Tumiran, Harahap, M. Y., & Rahayu, S. (2025). Teachers’ Strategies in Teaching Mawaris Fiqh at the Islamic Tarbiyah Senior High School, Hamparan Perak District. International Conferance Of Digital Sciences And Engineering Technology , 129–138. https://proceeding.pancabudi.ac.id/index.php/ICDSET/article/view/321
Marsyivania Ziven Aghata, R. J. R. (2025). Metode Flash dalam Mewujudkan Synergy of Faith and Education di Rumah Tahfidz Al-Quran (RTQ) Aisyiyah Nganjuk. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 80–86. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/oai
Moeleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Rifa, M. A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa di Sekolah Berbasis Islamic Boarding School. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 116–124. http://eprints.uad.ac.id/9770/1/116-124 Mochamad Arinal Rifa.pdf
Swendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra.
Ulfatin, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya (Edisi Pert). Media Nusa Creative.
DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.577
Article Metrics
Abstract view : 9 timesPDF – 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Intan Astina Dewi, Danny Abrianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index