TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENDEKATAN AKHLAK PROFETIK DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ISLAMIYAH MEDAN SUNGGAL

Nia Rahayu Sanjaya, Muhammad Yunan Harahap

Abstract


Pendidikan Islam pada era modern dituntut untuk mampu mentransformasi peserta didik tidak hanya dalam aspek kognitif, tetapi juga dalam pembentukan karakter yang berlandaskan nilai-nilai spiritual dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan akhlak profetik dan menganalisis dampaknya terhadap transformasi karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan akhlak profetik telah diterapkan melalui integrasi nilai-nilai kenabian dalam berbagai aspek pendidikan, seperti kegiatan pembiasaan ibadah, mentoring karakter, keteladanan guru, dan program sosial keagamaan. Nilai-nilai utama dalam akhlak profetik yaitu humanisasi (amar ma’ruf), liberasi (nahi munkar), dan transendensi (iman kepada Allah) diinternalisasikan ke dalam aktivitas keseharian siswa secara bertahap. Dampak dari penerapan ini terlihat dalam peningkatan perilaku positif siswa, seperti sikap santun, kepedulian sosial, dan kesadaran spiritual yang lebih kuat. Meskipun hasilnya belum merata pada seluruh siswa, transformasi karakter terjadi secara signifikan pada mereka yang aktif mengikuti program pembinaan profetik.

Keywords


Pendidikan Islam, Akhlak Profetik, Transformasi, Nilai Kenabian

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. K. (2003). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Indobis Media Centre.

Amin, A. (1993). al-Akhlaq, diterjemahhkan oleh Farid Ma’ruf dengan judul Etika; Ilmu Akhlak. Bulan Bintang.

Bahri, S. (2022). KONSEP AKHLAKUL KARIMAH PERSPEKTIF IMAM AL GHAZALI. 10(2), 177–192. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/tarbawi.v10i2.5047

Chaniago, C., Azhari, P., & Ardianti, S. (2023). Nilai-Nilai Keteladanan Yang Terdapat Dalam Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq R.a Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Dikelas Viii Madrasah Tsanawiyah. Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan, 7(02), 41. https://doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.332

Manshuruddin, Rozana, S., & Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies , 4(4), 174–184. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110

Matthew B. Miles, A. M. H. (1992). Analisis Data iKualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Uiniversitas Indonesia (UI-Press).

Moeleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mukmin, S. I. A. (2006). Meneladani Akhlak Nabi: Membangun Kpribadian Muslim (Rosdakarya (ed.)).

Nasution, A. F., & Albina, M. (2022). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Labuhanbatu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 957. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3063

Panggabean, H. S., Harahap, M. Y., Audline, H. R. P., Hannum, L., & Oktafiani, S. I. (2024). The Ability of Islamic Religious Education Teachers in Using Learning Media (A Study at MAN 2 Model Medan). Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 0(3). https://doi.org/10.47006/ISCIS.V0I3.22201

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Siregar, S. F., Fuady, Y., Fadli, M., Al-Bukhori, A., Lubis, P. N., Nasution, S. N., Wahyudi, R., Matanari, S., Junaidi, M., & Suryani, I. (2018). Karakter dan Akhlak Pemimpin dalam Perspektif Islam. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(2), 110–116. https://doi.org/10.34007/jehss.v1i2.22

Tolchah, M. (2020). Implikasi Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo. Fikrotuna, 11(01). https://doi.org/10.32806/jf.v11i01.3937

Widya, R. dan M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715

Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32931




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.575

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nia Rahayu Sanjaya, muhammad yunan harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index