IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ISLAMI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI RA AS-SA'ADAH MEDAN AREA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis proyek Islami dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA As-Sa’adah Medan Area. Kreativitas merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting untuk ditumbuhkan sejak dini, dan pembelajaran berbasis proyek memberikan ruang eksplorasi, kolaborasi, dan pengalaman langsung yang kontekstual dengan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di RA As-Sa’adah menerapkan pendekatan proyek Islami melalui kegiatan seperti pembuatan miniatur masjid, drama kisah nabi, dan karya seni bertema akhlak mulia. Proses ini melibatkan anak secara aktif, menumbuhkan rasa ingin tahu, kemampuan problem solving, serta menanamkan nilai-nilai keislaman secara menyenangkan. Hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan alat dan bahan, serta kebutuhan pendampingan lebih intensif. Namun demikian, pembelajaran berbasis proyek Islami terbukti efektif dalam merangsang daya cipta, imajinasi, dan ekspresi anak secara holistik. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru dan kolaborasi dengan orang tua dalam menunjang kegiatan proyek Islami di lingkungan RA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahab, Sholicin, Pengantar Kebijakan Publik, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2008.
Akib Haedar, Antonius Tarigan. “Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya,” Jurnal Baca, Volume 1, Universitas Pepabari Makassar, 2008.
Aris Priyanto, “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain”, dalam Jurnal Ilmiah Guru “COPE” Pengawas SMA Dinas Pendidikan Yogyakarta, No. 02 November, 2014.
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep implementasi, Bnadung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Edward III George C, Public Policy Implementing, Jai Press Inc, London_England. Goggin, Malcolm L et al. 1990.
Eliyasni, R. (2020). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Literasi Nusantara.
Helmi Ahmad, Kamus Lengkap Inggris Indonesia- Indonesia Inggris, Semarang: Bunayya, t.th.
Hurlock, E.B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Huswatun Hasanah, Perkembangan Kreativitas Peserta Didik: Tinjauan Literatur Dalam Konteks Kehidupan Abad Ke-21, PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN VOLUME 12 No 3 2023.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: Alfabeta.
Komang Ayu Sugiartini,” Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak”, dalam e-Journal PG-PAUD UniversitaS Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1, 2014.
Muh. Sain Hanafy, Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79.
Novriyanto, T. S. H., & et al. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Pradina Pustaka.
Rahmawati, N. (2021). "Integrasi Nilai Islam dalam Model Project Based Learning pada Anak Usia Dini". Jurnal Golden Age, 6 (2).
Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional.
Soegeng Santoso, Dasar-dasar Pendidikan TK, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2011).
Suyadi, Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia, (Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010).
Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Pendidikan Karakter Islam. Yogyakarta: Arruzz Media.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Syaiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Alfabeta: Bandung, 2009).
Tabrani Rusyan, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010).
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif (Jakarta: Kencana, 2009).
DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.568
Article Metrics
Abstract view : 12 timesPDF – 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lena Khofia, Bahtiar Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index