PENERAPAN METODE KETELADANAN OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK ISLAMI DI TK ISLAM IBNU QOYYIM MEDAN SELAYANG

Siti Omas, Bahtiar Siregar

Abstract


Penanaman akhlak Islami sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter anak yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Salah satu pendekatan yang efektif adalah metode keteladanan, di mana guru menjadi figur utama yang memberikan contoh nyata dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru di TK Islam Ibnu Qoyyim Medan Selayang menerapkan metode keteladanan dalam pembelajaran akhlak Islami, serta dampaknya terhadap perkembangan moral anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru secara konsisten memberikan teladan dalam hal kejujuran, sopan santun, tanggung jawab, dan ibadah. Anak-anak menunjukkan peningkatan pemahaman dan perilaku akhlak yang positif sebagai hasil dari interaksi langsung dengan keteladanan guru. Kesimpulannya, metode keteladanan terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Islami pada anak usia dini di lingkungan TK Islam.

Keywords


Penerapan,Metode,Keteladanan,Guru,Pembelajaran, Akhlak,Islami.

Full Text:

PDF

References


Aas Siti Sholichah, et.al., “Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Akhlak pada Mata Pelajaran PAI: Studi Kasus di SMP Islam An-Nasiriin Jakarta Barat”. Jurnal Pendidikan Islam 3 No. 2 (2020).

Abdul Halik,”Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam”, Jurnal Al-Ibrah Vol 1, No 1, Maret 2012.

Abu Maskur, “Kontekstualisasi Keteladanan Sosial Rasulullah Di Zaman Kiwari”, An-Nufus: Jurnal Kajian Islam, Tasawuf dan Psikoterapi, Vol. 2 No.1 (Tahun:2020).

Al-Ghazali. (2005). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Darul Fikr.

Azizah Munawaroh,” Ketelad anan Sebagai Metode Pendidikan Karakter”. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Vol. 7 No. 2 (Juni 2019).

Badudu dan Sutan Mohammad Zain, Efektifitas Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2010).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (Jakarta: Balai Pustaka, 2001).

Guntur Setiawan, Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan (Jakarta: Balai Pustaka, 2004).

Lukman Ali, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Surabaya: Apollo, 2007).

Muh. Sain Hanafy, Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.565

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Omas, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index