MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA TK HAHOLONGAN PADANG SIDEMPUAN

Rahmi Kesuma Lubis, Bahtiar Siregar

Abstract


Judul Penelitian Ini Model Kepemimpinan Kepala TK Haholongan Padang Sidempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif atau   naturalistik, karena titik fokus penelitian ini adalah pada observasi dan suasana alamiah (naturalistic setting). Dikatakan juga natural karena pelaksanaan penelitian memang terjadi secara alamiah, apa adanya   dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, singkatnya menekankan pada deskripsi secara alami. Model kepemimpinan yang diterapkan kepala TK Haholongan Padang Sidempuan  yaitu menerapkan kepemimpinan transfor-masional. model ini sesuai dengan karakteristik dan karakter yang dilakukan oleh kepala TK Haholongan Padang Sidempuan. Gaya kepemimpinan kepala TK Haholongan Padang Sidempuan  berada pada kategori tinggi dengan hasil analisis deskriptif sebesar 95% dan kinerja gurupun berada pada kategori tinggi dengan persentase 100%. 2. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang sangat kuat nilai nilai koofisien korelasi sebesar 0,823 dan gaya yang diterapkan kepala TK Haholongan Padang Sidempuan.  

Keywords: Model Kepemimpinan Kepala TK


Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis.

Atmodiwirio, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia,. PT Ardadizya Jaya.

Burhanuddin. (1992). Analisis Administasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan.

Cindy Nur Lutfitaningrum, and W. (2017). No Title. Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Berbantu Media Video Dan Gambar Ditijau Dari Hasil Belajar IPA Siswa.

Fadlillah, M. dan L. M. K. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Ar-Ruzz Media.

Huggins, K. S. (2021). Developing Leadership Capacity in Others: An Examination of High School Principals’ Personal Capacities for Fostering Leadership. International Journal of Education Policy & Leadership,. https://doi.org/10.22230/ijepl.2017v12n1a670

Mbeu, L. O. M. & A. (2011). Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Observasi di TK Haholongan Padang sidempuan, S. (n.d.). Observasi di TK Haholongan Padang sidempuan, Selas.

Purwanto, M. N. (n.d.). M. Ngalim Purwanto. In Administrasi dan Supervisi Pendidikan (p. 2003). Remaja Rosdakarya.

Redaksi Sinar Grafika. (2003). Undang-Undang Sisdiknas (System Pendidikan.

Reski Yulina Widiastuti, A. N. A. dan L. N. A. (n.d.). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.

Suhardjono, S. S. (2013). Peneltia Tidakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Tilaar, H. A. . (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional,. In PT Rineka Cipta. PT Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF – 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA



Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index