IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DAN MULTILINGUAL BERBASIS SAPTA JIWA DAN BAHASA ASING DI PESANTREN DARULARAFAH RAYA DELI SERDANG

Sofyan Sofyan, Dedy Suhery

Abstract


Pesantren Darul Arafah Raya sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang didirikan untuk menciptakan perdamaian dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang cakrawala pemikiran, keilmuan dan pengalaman bagi umat Islam. Lembaga ini merupakan wujud dan implementasi dari aspirasi dan harapan umat Islam Sumatra Utara untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang mampu mencetak pemimpin masyarakat khususnya umat Islam di Deli Serdang yang berkualitas.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dari wawancara dalam forum group discussion (FGD) maupun wawancara mendalam (in-depth interview). Selain itu, peneliti mengamati untuk melihat aktivitas sehari-hari pesantren khususnya bagaimana santri menghadapi  multikulturalisme dan multilingualisme.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darul Arafah Raya telah menanamkan pendidikan islam multikultural dan multilingual kepada santri. Hal ini tergambar dari nilai-nilai  Sapta Jiwa Pesantren Darularafah Raya yang ditanamkan kepada para santri ; jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa kemandirian, jiwa demokrasi, jiwa ukhuwah islamiyah, dan jiwa kebebasan.

Begitupula dengan Pendidikan multilingual yang menunjukkan bahwa pesantren Darul Arafah Raya memiliki pemahaman tersendiri tentang aktivitas santri sehari-hari dalam 24 jam dan tinggal bersama di asrama. Pemahamannya tentang kehidupan multibahasa dapat ditemukan dari kurikulum berbasis bahasa Inggris dan bahasa Arab, kegiatan siswa sehari-hari karena mereka harus berbicara bahasa Arab dan bahasa Inggris. Lebih lanjut, pendidikan multilingual telah diterapkan di pesantren modern ini dengan memperhatikan kepentingan dan keterkaitannya dengan nilai-nilai yang ada untuk perkembangan masa depan para santrinya.

Full Text:

PDF

References


Albone, Abdul Aziz. Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme, Jakarta: Balitbang Agama, 2009.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, cet. 3. Jakarta: Biona Aksara, 1995.

Abdul Fattah, Rohadi. Rekonstruksi Pesantren Masa Depan (Dari Tradisional, Modern hingga Post Modern.

Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Creswell, J, W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five, Approaches. 3rd edn.Los Angeles: Sage, 2013.

Ditpdpontren.kemenag.go.id

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2004.

Dzofier, Zamaksyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1992.

Kurikulum Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Darularafah Raya Deli Serdang.

Lubis et el, Indra Perkasa. Khutbatul ‘Arsy: Buku Panduan Pekan Perkenalan Santri/Dyah Baru Pesantren Darularafah, Lau Bakeri: Darularafah, 2004.

Mahfud, Chairul. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Miles, M, B & Huberman, A, M. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, 1994

Nata, Abudin. Pemikiran Para Tokoh Pemikiran Pendidikan Islam Seri Filsafat Pendidikan Islam, cet. 3, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Nurbayan, Yayan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Zein al-Bayan, 2008.

Nizar, Samsul. Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Profil Pesantren Darularafah sebagai Lembaga Pengkaderan Ulama dan Umaro, 2005.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke-2, cet. 4, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2015.

Surat Ketetapan No: 02/390/A-e/PDA/I/2021 tentang Pelaksanaan Disiplin Bahasa Bagi Majelis Guru Pesantren Darularafah Raya Tahun Pelajaran 2020-2021.

Statuta Sekolah Tinggi Agama Islam Darularafah Lau Bakeri Deli Serdang Sumatera Utara.

Thoha, Mohammad. “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah†dalam Jurnal Okara, vol. 86 I, Tahun 7, 2012.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.

Tilaar, H.A.R. Multikultularisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo, 2004.


Article Metrics

Abstract view : 399 times
PDF – 716 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS DHARMAWANGSA



Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index