MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA 5.0

Handoko Handoko

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu kunci penting dalam setiap perkembangan didunia ini. Proses arah perubahan pendidikan perlahan-lahan memberikan kemajuan yang sangat baik dari waktu ke waktu. Dalam pelaksanaannya, pendidikan memerlukan manajemen mutu yang baik agar dapat menggali seluas-luasnya ilmu pengetahuan yang dapat menunjang peningkatan terhadap institusi pendidikan. Perlunya pengembangan manajemen mutu pendidikan yang baik khususnya di pondok pesantren dalam menghadapi era 5.0. Pada saat berjalannya era.5.0 dimana semua pihak dituntut agar mampu ikut serta dalam penyeimbangan perekonomian, social, dan teknologi. Pondok pesantren adalah salah satu sumber dalam menghasilkan produk-produk sumber daya manusia yang berkualitas baik dari segi agama maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan teknologi yang ada saat ini mengharuskan pondok pesantren mengevaluasi dan merevisi terhadap manajemen mutu pendidikannya agar sumber daya manusia berada dikawasan pondok maupuan para alumni dapat berkontrobusi baik bagi masyarakat, negara dan dunia pendidikan, Penelitian ini merupaka penelitian kepustakaan dan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Produk sumber daya manusia pondok pesantren saat ini mulai mengarah terhadap penyemimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi yang disejajarkan dengan iman dan taqwa. Dengan memasukkan program-program baru baik dari sisi manajemennya, penambahan mata pelajaran yang berkaitan dengan perkembangan dunia saat ini, serta pengadaan kegiatan ektra kurikuler dimana dapat menyelaraskan terhadap perkembangan ekonomi, social, dunia teknologi serta ilmu-ilmu  lainnya. Manajemen mutu pendidikan pondok pesantren telah siap menghadapi era 5.0 untuk berkontribusi aktif pada dunia.

Full Text:

PDF

References


Universitas Widya Mataram/News. (2020, November 25). Retrieved Maret Saturday, 13, 2021, from Universitas Widya Mataram: http://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50-perguruan-tinggi-harus-ambil-peran#.YEwE39wxXIU

Achmad, M. F. (2010). Dualisme Penelitian Hukum Normatif & Empiris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edward, S. (2010). Total Quality Management In Education. Yogyakarta: IrCisoD.

Kresnoadi. (2021, Januari 03). ruang guru_. Retrieved Maret Selasa, 2021, from ruang guru: https://www.ruangguru.com/blog/revolusi-industri-4.0

Muliadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Press.

Sarbini, M. A. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Siti Mahfudzoh, S. U. (2019, Agustus 22). Republika. Retrieved Maret Selasa, 09, 2012, from Republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/pwmveb282/siapkah-indonesia-menuju-industri-50

Subahyo, J. P. (1991). Metode Peneletian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Cet. Ke-11.


Article Metrics

Abstract view : 219 times
PDF – 837 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index