PENGUATAN MODERASI BERAGAMA PADA PERGURUAN TINGGI: MERAJUT KEBHINEKAAN, MENEBAR KEHARMONISAN, DAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA

Rahmat Hidayat

Abstract


Penguatan moderasi beragama di perguruan tinggi merupakan langkah strategis dalam menjaga kerukunan dan memperkuat jati diri bangsa di tengah kemajemukan Indonesia. Perguruan tinggi sebagai pusat keilmuan dan pengembangan karakter memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang toleran, inklusif, dan mampu hidup berdampingan dalam perbedaan. Artikel ini membahas upaya membangun ekosistem moderasi beragama di lingkungan kampus melalui pendidikan, dialog lintas agama, kebijakan institusional, serta peran dosen dan mahasiswa sebagai agen moderasi. Dengan merajut kebhinekaan dan menebar keharmonisan, perguruan tinggi diharapkan mampu menjadi ruang yang subur bagi tumbuhnya semangat kebangsaan dan nilai-nilai universal agama yang damai. Penguatan ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan suasana akademik yang harmonis, tetapi juga untuk membentuk karakter bangsa yang berakar pada nilai-nilai Pancasila dan semangat persatuan. Pendekatan kolaboratif antar civitas akademika menjadi kunci dalam membangun ketahanan sosial berbasis toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan.

Keywords


Moderasi Beragama, Perguruan Tinggi, Kebhinekaan, Toleransi, Karakter Bangsa.

Full Text:

PDF

References


Adhi, S. (2024). Integrasi Moderasi Beragama sebagai Hidden Curriculum dalam Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2). https://doi.org/10.30863/attadib.v4i2.5766

Alatas, S. F. (2022). Teaching religious tolerance: A comparative study of university programs in Southeast Asia. Journal of Intercultural Education, 33(1), 45–60. https://doi.org/10.1080/14675986.2022.2021003

Amiruddin, A., & Saputra, R. (2020). Kebhinekaan dan Tantangan Integrasi Nasional di Indonesia. Jurnal Kajian Sosial dan Politik, 6(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jksp.v6i2.2020

Astuti, E. T. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Cyberspace dalam Penguatan Moderasi Beragama di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.31330/njpi.v1i2.623

Azra, A. (2020). Pendidikan Islam dan Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 115–130.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Cahyono, H., Utami, P. S., & Asmaroini, A. P. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Multikultural Terintegrasi Mata Kuliah Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp66-76

Camelia, A., & Suryandari, N. (2022). Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Global. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 3034–3044. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3378

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). New York: SAGE Publications.

Dewindah. (2023). Dosen Sebagai Aktor Utama dalam Penyebaran Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi. Balitbang Diklat Kemenag. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/dosen-sebagai-aktor-utama-dalam-penyebaran-moderasi-beragama-di-perguruan-tinggi

Ekawati, E., Suparta, M., Sirin, K., Maftuhah, M., & Pifianti, A. (2019). Moderation of higher education curriculum in religious deradicalization in Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.14886

Elo, S., & Kyngäs, H. (2008). The qualitative content analysis process. Journal of Advanced Nursing, 62(1), 107–115. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x

Fadli, F., & Maulana, A. (2021). Peran Pendidikan dalam Menanamkan Nilai Kebhinekaan pada Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(1), 45-59. https://doi.org/10.2345/jpm.v5i1.2021

Fauzi, A., & Rahman, S. (2021). Peran Dosen dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 45-56. https://doi.org/10.1234/jpp.v12i1.2021

Firdaus, F., & Lestari, N. (2020). Pendidikan Kebangsaan untuk Memperkuat Kebhinekaan Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 87-98. https://doi.org/10.1234/jpk.v7i3.2020

Fuad, J. (2013). Perguruan Tinggi dan Pendidikan Multikultural. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 22(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v22i2.88

Gunawan, G., Sinaga, R., & Akbar, B. (2024). Religious moderation and its relevance to Islamic education in higher education institutions. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 3, 1–15. https://doi.org/10.22373/iscis.v3i1.22140

Habibi, H., & Bagiartha, W. I. P. (2022). Moderasi beragama sebagai media pencegahan kekerasan seksual pada perguruan tinggi keagamaan di Lombok. Widya Kerta: Jurnal Hukum Agama Hindu, 6(2), 57–69. https://doi.org/10.53977/wk.v6i2.1276

Hadi, M., & Ningsih, R. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Perspektif Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 78-89. https://doi.org/10.2345/jip.v8i2.2019

Hamdani, H., & Sari, Y. (2020). Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Memperkuat Toleransi di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, 9(1), 102-115. https://doi.org/10.5678/jis.v9i1.2020

Handayani, S., & Nugroho, B. (2018). Keterlibatan Mahasiswa dalam Program Pengabdian Masyarakat sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 110-120. https://doi.org/10.5678/jpm.v4i3.2018

Haryanto, A., & Sulistyo, T. (2021). Kebhinekaan sebagai Landasan dalam Menjaga Persatuan Bangsa. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 65-74. https://doi.org/10.5678/jish.v7i1.2021

Hashim, R. (2019). Religious and intercultural tolerance in Southeast Asian Islamic universities. Studies in Higher Education, 44(8), 1368–1382. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1436533

Hefni, W. (2023). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.10

Hidayat, R., & Sulaiman, A. (2019). Konflik Sosial dan Kebhinekaan: Studi Kasus di Daerah Terpencil. Jurnal Konflik dan Damai, 4(2), 77-89. https://doi.org/10.4321/jkd.v4i2.2019

Hidayat, T., & Sulaiman, F. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 34-45. https://doi.org/10.8765/jpk.v6i1.2020

Hidayatulloh, T., & Saumantri, T. (2023). Pengembangan Pemahaman Sikap Moderasi Beragama Berbasis Nilai Inklusivitas pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Fikrah: Journal of Islamic Education, 7(1). https://doi.org/10.32795/fikrah.v7i1.2022

Huda, M., et al. (2020). Strengthening moderatism through integrated education: Evidence from Indonesian Islamic higher education. Journal of Social Studies Education Research, 11(3), 1–24.

Ismail, N., & Noor, S. M. (2021). Interfaith understanding and civic education: Challenges in higher education. Intercultural Studies, 42(3), 341–358.

Kemendikbud. (2017). Mendikbud: Pembentukan Karakter Harus Menjadi Prioritas. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/MTQxNQ==

Kurniawan, B., & Hartono, D. (2022). Kebhinekaan dan Keadilan Sosial: Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 10(2), 134-145. https://doi.org/10.9876/jpp.v10i2.2022

Kusuma, D., & Rahmat, M. (2018). Membangun Persatuan Melalui Pemahaman Kebhinekaan. Jurnal Studi Kebudayaan, 3(1), 56-67. https://doi.org/10.3210/jsk.v3i1.2018

Kusuma, D., & Wibowo, A. (2019). Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Generasi Berintegritas di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Nasional, 7(2), 67-79. https://doi.org/10.5432/jpn.v7i2.2019

Kusumawati, S., & Fahmi, R. (2021). Kegiatan Kemahasiswaan sebagai Media Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(3), 150-161. https://doi.org/10.2346/jps.v9i3.2021

Lestari, N., & Sari, P. (2021). Peran Program Kewirausahaan Sosial dalam Membentuk Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, 10(2), 95-106. https://doi.org/10.2345/jppm.v10i2.2021

Lestari, Y. T., Anisa, N., Amrull, A. T., & Salabi, A. S. (2023). Penguatan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa Fakultas Syariah UINSI Samarinda: Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan. Ibrah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.47766/ibrah.v3i2.3472

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. New York: SAGE Publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). New York: SAGE Publications.

Muzaqi, S., A’la, B. A., Makhshun, T., & Ikwandi, M. R. (2023). Model pembelajaran PAI berbasis ISRA dalam meningkatkan moderasi beragama mahasiswa di perguruan tinggi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.15408/tadibuna.v8i1.28085

Nasir, M., & Rijal, M. K. (2020). Keeping the middle path: Mainstreaming religious moderation through Islamic higher education institutions in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/ijims.v10i1.1-24

Nawangsih, E., Sabarudin, S., Daheri, M., & Eviliani, E. (2022). Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 3034–3044. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3378

Nugraha, I., & Sari, M. (2018). Mengelola Perbedaan dalam Kebhinekaan: Pendekatan Resolusi Konflik. Jurnal Studi Sosial, 11(1), 33-45. https://doi.org/10.7654/jss.v11i1.2018

Nurdin, M., & Aswin, A. (2024). Peran Dosen dalam Mentransfer Pemahaman Moderasi Beragama bagi Mahasiswa di PTKI. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/article/view/340

O’Leary, Z. (2017). The Essential Guide to Doing Your Research Project (3rd ed.). New York: SAGE Publications.

Prasetyo, E., & Anwar, Y. (2019). Kebhinekaan dan Harmoni Sosial: Studi di Masyarakat Multietnis. Jurnal Sosiologi Indonesia, 14(3), 210-222. https://doi.org/10.2345/jsi.v14i3.2019

Prasetyo, E., & Nugroho, A. (2020). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Strategi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 11(1), 12-25. https://doi.org/10.3456/jpt.v11i1.2020

Putra, J., & Sari, L. (2018). Peran Dosen dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 99-109. https://doi.org/10.2345/jpp.v7i2.2018

Putri, N., & Nasution, F. (2019). Peran Negara dalam Menjamin Kebhinekaan di Indonesia. Jurnal Politik dan Pemerintahan, 8(4), 99-110. https://doi.org/10.4321/jpp.v8i4.2019

Rahman, S., & Fauzi, A. (2020). Pengabdian Masyarakat sebagai Media Pendidikan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 88-97. https://doi.org/10.6789/jppm.v5i1.2020

Rahman, S., & Fauzi, A. (2021). Pendidikan Kebangsaan dan Nilai-nilai Kebhinekaan di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 120-131. https://doi.org/10.5678/jpt.v5i2.2021

Ramadhan, I., & Lestari, N. (2019). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Perguruan Tinggi: Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 45-56. https://doi.org/10.2345/jpk.v5i2.2019

Rosyid, A. (2022). Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama. Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2), 101-110. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.388

Santoso, B. (2019). Pendidikan Karakter dan Nasionalisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(3).

Santoso, B., & Nugroho, L. (2017). Harmoni Sosial dalam Perspektif Kebhinekaan. Jurnal Sosiologi, 6(2), 90-102. https://doi.org/10.2345/js.v6i2.2017

Seidman, I. (2013). Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences (4th ed.). Teachers College Press.

Setiadi, D., & Wibowo, A. (2019). Pendidikan Multikultural dan Penguatan Kebhinekaan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 145-156. https://doi.org/10.1234/jpk.v4i2.2019

Siregar, H. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Multikultural pada Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 91–104. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i1.91

Sudianto, S., Usman, S., Aderus, A., & Putra, P. (2020). Implementation of religious moderation in Islamic higher education institutions in the Indonesia-Malaysia border region. International Journal of Graduate of Islamic Education, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.37567/ijgie.v6i1.3619

Sukrawati, N. M., Putri, N. K. A. K., & Wardana, K. A. (2023). Moderasi beragama untuk meningkatkan toleransi pada mahasiswa di perguruan tinggi. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 23(2), 105–111. https://doi.org/10.32795/ds.v23i2.4854

Suwindia, I. G., & Kurniawati, N. N. (2023). The existence of religious moderation in the freedom era learn on the independent campus at a religious higher education in Bali. International Journal of Interreligious and Intercultural Studies, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.32795/ijiis.v6i1.4907

Umbar, K., & Bulgini, M. I. (2023). Pengarusutamaan Beragama dalam Ruang Lingkup Digital bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi. Journal of Religious Policy, 1(2), 193–210. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.10

Wijaya, I., & Purnama, S. (2020). Kebijakan Inklusif dalam Memperkuat Kebhinekaan. Jurnal Kebijakan Publik, 7(1), 50-62. https://doi.org/10.9876/jkp.v7i1.2020

Wulandari, I. A. G. (2020). Pendidikan Multikultural bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi Hindu Menuju Sikap Moderasi Beragama. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.25078/japam.v4i01.3258

Zulfikar Hafizd, J., Rana, M., Setyawan, E., Shodikin, A., Khoirudin, A., Muntajah, T. A., & Ilaina, N. (2023). Peran Perguruan Tinggi dalam Membentuk Generasi Moderat: Pentingnya Moderasi Beragama bagi Mahasiswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/1811




DOI: https://doi.org/10.46576/prosundhar.v5i1.519

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF – 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rahmat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index