PENGUATAN MODERASI BERAGAMA PADA PERGURUAN TINGGI: MERAJUT KEBHINEKAAN, MENEBAR KEHARMONISAN, DAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhi, S. (2024). Integrasi Moderasi Beragama sebagai Hidden Curriculum dalam Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi Agama. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2). https://doi.org/10.30863/attadib.v4i2.5766
Alatas, S. F. (2022). Teaching religious tolerance: A comparative study of university programs in Southeast Asia. Journal of Intercultural Education, 33(1), 45–60. https://doi.org/10.1080/14675986.2022.2021003
Amiruddin, A., & Saputra, R. (2020). Kebhinekaan dan Tantangan Integrasi Nasional di Indonesia. Jurnal Kajian Sosial dan Politik, 6(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jksp.v6i2.2020
Astuti, E. T. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Cyberspace dalam Penguatan Moderasi Beragama di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.31330/njpi.v1i2.623
Azra, A. (2020). Pendidikan Islam dan Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 115–130.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Cahyono, H., Utami, P. S., & Asmaroini, A. P. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Multikultural Terintegrasi Mata Kuliah Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp66-76
Camelia, A., & Suryandari, N. (2022). Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Global. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 3034–3044. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3378
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). New York: SAGE Publications.
Dewindah. (2023). Dosen Sebagai Aktor Utama dalam Penyebaran Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi. Balitbang Diklat Kemenag. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/dosen-sebagai-aktor-utama-dalam-penyebaran-moderasi-beragama-di-perguruan-tinggi
Ekawati, E., Suparta, M., Sirin, K., Maftuhah, M., & Pifianti, A. (2019). Moderation of higher education curriculum in religious deradicalization in Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.14886
Elo, S., & Kyngäs, H. (2008). The qualitative content analysis process. Journal of Advanced Nursing, 62(1), 107–115. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x
Fadli, F., & Maulana, A. (2021). Peran Pendidikan dalam Menanamkan Nilai Kebhinekaan pada Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Multikultural, 5(1), 45-59. https://doi.org/10.2345/jpm.v5i1.2021
Fauzi, A., & Rahman, S. (2021). Peran Dosen dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 45-56. https://doi.org/10.1234/jpp.v12i1.2021
Firdaus, F., & Lestari, N. (2020). Pendidikan Kebangsaan untuk Memperkuat Kebhinekaan Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 87-98. https://doi.org/10.1234/jpk.v7i3.2020
Fuad, J. (2013). Perguruan Tinggi dan Pendidikan Multikultural. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 22(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v22i2.88
Gunawan, G., Sinaga, R., & Akbar, B. (2024). Religious moderation and its relevance to Islamic education in higher education institutions. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 3, 1–15. https://doi.org/10.22373/iscis.v3i1.22140
Habibi, H., & Bagiartha, W. I. P. (2022). Moderasi beragama sebagai media pencegahan kekerasan seksual pada perguruan tinggi keagamaan di Lombok. Widya Kerta: Jurnal Hukum Agama Hindu, 6(2), 57–69. https://doi.org/10.53977/wk.v6i2.1276
Hadi, M., & Ningsih, R. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Perspektif Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 78-89. https://doi.org/10.2345/jip.v8i2.2019
Hamdani, H., & Sari, Y. (2020). Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Memperkuat Toleransi di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, 9(1), 102-115. https://doi.org/10.5678/jis.v9i1.2020
Handayani, S., & Nugroho, B. (2018). Keterlibatan Mahasiswa dalam Program Pengabdian Masyarakat sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 110-120. https://doi.org/10.5678/jpm.v4i3.2018
Haryanto, A., & Sulistyo, T. (2021). Kebhinekaan sebagai Landasan dalam Menjaga Persatuan Bangsa. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 65-74. https://doi.org/10.5678/jish.v7i1.2021
Hashim, R. (2019). Religious and intercultural tolerance in Southeast Asian Islamic universities. Studies in Higher Education, 44(8), 1368–1382. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1436533
Hefni, W. (2023). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.10
Hidayat, R., & Sulaiman, A. (2019). Konflik Sosial dan Kebhinekaan: Studi Kasus di Daerah Terpencil. Jurnal Konflik dan Damai, 4(2), 77-89. https://doi.org/10.4321/jkd.v4i2.2019
Hidayat, T., & Sulaiman, F. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 34-45. https://doi.org/10.8765/jpk.v6i1.2020
Hidayatulloh, T., & Saumantri, T. (2023). Pengembangan Pemahaman Sikap Moderasi Beragama Berbasis Nilai Inklusivitas pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Fikrah: Journal of Islamic Education, 7(1). https://doi.org/10.32795/fikrah.v7i1.2022
Huda, M., et al. (2020). Strengthening moderatism through integrated education: Evidence from Indonesian Islamic higher education. Journal of Social Studies Education Research, 11(3), 1–24.
Ismail, N., & Noor, S. M. (2021). Interfaith understanding and civic education: Challenges in higher education. Intercultural Studies, 42(3), 341–358.
Kemendikbud. (2017). Mendikbud: Pembentukan Karakter Harus Menjadi Prioritas. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/MTQxNQ==
Kurniawan, B., & Hartono, D. (2022). Kebhinekaan dan Keadilan Sosial: Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 10(2), 134-145. https://doi.org/10.9876/jpp.v10i2.2022
Kusuma, D., & Rahmat, M. (2018). Membangun Persatuan Melalui Pemahaman Kebhinekaan. Jurnal Studi Kebudayaan, 3(1), 56-67. https://doi.org/10.3210/jsk.v3i1.2018
Kusuma, D., & Wibowo, A. (2019). Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Generasi Berintegritas di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Nasional, 7(2), 67-79. https://doi.org/10.5432/jpn.v7i2.2019
Kusumawati, S., & Fahmi, R. (2021). Kegiatan Kemahasiswaan sebagai Media Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(3), 150-161. https://doi.org/10.2346/jps.v9i3.2021
Lestari, N., & Sari, P. (2021). Peran Program Kewirausahaan Sosial dalam Membentuk Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, 10(2), 95-106. https://doi.org/10.2345/jppm.v10i2.2021
Lestari, Y. T., Anisa, N., Amrull, A. T., & Salabi, A. S. (2023). Penguatan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa Fakultas Syariah UINSI Samarinda: Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan. Ibrah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.47766/ibrah.v3i2.3472
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. New York: SAGE Publications.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). New York: SAGE Publications.
Muzaqi, S., A’la, B. A., Makhshun, T., & Ikwandi, M. R. (2023). Model pembelajaran PAI berbasis ISRA dalam meningkatkan moderasi beragama mahasiswa di perguruan tinggi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.15408/tadibuna.v8i1.28085
Nasir, M., & Rijal, M. K. (2020). Keeping the middle path: Mainstreaming religious moderation through Islamic higher education institutions in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(1), 1–24. https://doi.org/10.18326/ijims.v10i1.1-24
Nawangsih, E., Sabarudin, S., Daheri, M., & Eviliani, E. (2022). Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 3034–3044. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3378
Nugraha, I., & Sari, M. (2018). Mengelola Perbedaan dalam Kebhinekaan: Pendekatan Resolusi Konflik. Jurnal Studi Sosial, 11(1), 33-45. https://doi.org/10.7654/jss.v11i1.2018
Nurdin, M., & Aswin, A. (2024). Peran Dosen dalam Mentransfer Pemahaman Moderasi Beragama bagi Mahasiswa di PTKI. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/article/view/340
O’Leary, Z. (2017). The Essential Guide to Doing Your Research Project (3rd ed.). New York: SAGE Publications.
Prasetyo, E., & Anwar, Y. (2019). Kebhinekaan dan Harmoni Sosial: Studi di Masyarakat Multietnis. Jurnal Sosiologi Indonesia, 14(3), 210-222. https://doi.org/10.2345/jsi.v14i3.2019
Prasetyo, E., & Nugroho, A. (2020). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Strategi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 11(1), 12-25. https://doi.org/10.3456/jpt.v11i1.2020
Putra, J., & Sari, L. (2018). Peran Dosen dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 99-109. https://doi.org/10.2345/jpp.v7i2.2018
Putri, N., & Nasution, F. (2019). Peran Negara dalam Menjamin Kebhinekaan di Indonesia. Jurnal Politik dan Pemerintahan, 8(4), 99-110. https://doi.org/10.4321/jpp.v8i4.2019
Rahman, S., & Fauzi, A. (2020). Pengabdian Masyarakat sebagai Media Pendidikan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 88-97. https://doi.org/10.6789/jppm.v5i1.2020
Rahman, S., & Fauzi, A. (2021). Pendidikan Kebangsaan dan Nilai-nilai Kebhinekaan di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 120-131. https://doi.org/10.5678/jpt.v5i2.2021
Ramadhan, I., & Lestari, N. (2019). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Perguruan Tinggi: Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 45-56. https://doi.org/10.2345/jpk.v5i2.2019
Rosyid, A. (2022). Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama. Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2), 101-110. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.388
Santoso, B. (2019). Pendidikan Karakter dan Nasionalisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(3).
Santoso, B., & Nugroho, L. (2017). Harmoni Sosial dalam Perspektif Kebhinekaan. Jurnal Sosiologi, 6(2), 90-102. https://doi.org/10.2345/js.v6i2.2017
Seidman, I. (2013). Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences (4th ed.). Teachers College Press.
Setiadi, D., & Wibowo, A. (2019). Pendidikan Multikultural dan Penguatan Kebhinekaan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 145-156. https://doi.org/10.1234/jpk.v4i2.2019
Siregar, H. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Multikultural pada Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 91–104. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i1.91
Sudianto, S., Usman, S., Aderus, A., & Putra, P. (2020). Implementation of religious moderation in Islamic higher education institutions in the Indonesia-Malaysia border region. International Journal of Graduate of Islamic Education, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.37567/ijgie.v6i1.3619
Sukrawati, N. M., Putri, N. K. A. K., & Wardana, K. A. (2023). Moderasi beragama untuk meningkatkan toleransi pada mahasiswa di perguruan tinggi. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 23(2), 105–111. https://doi.org/10.32795/ds.v23i2.4854
Suwindia, I. G., & Kurniawati, N. N. (2023). The existence of religious moderation in the freedom era learn on the independent campus at a religious higher education in Bali. International Journal of Interreligious and Intercultural Studies, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.32795/ijiis.v6i1.4907
Umbar, K., & Bulgini, M. I. (2023). Pengarusutamaan Beragama dalam Ruang Lingkup Digital bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi. Journal of Religious Policy, 1(2), 193–210. https://doi.org/10.31330/repo.v1i2.10
Wijaya, I., & Purnama, S. (2020). Kebijakan Inklusif dalam Memperkuat Kebhinekaan. Jurnal Kebijakan Publik, 7(1), 50-62. https://doi.org/10.9876/jkp.v7i1.2020
Wulandari, I. A. G. (2020). Pendidikan Multikultural bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi Hindu Menuju Sikap Moderasi Beragama. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.25078/japam.v4i01.3258
Zulfikar Hafizd, J., Rana, M., Setyawan, E., Shodikin, A., Khoirudin, A., Muntajah, T. A., & Ilaina, N. (2023). Peran Perguruan Tinggi dalam Membentuk Generasi Moderat: Pentingnya Moderasi Beragama bagi Mahasiswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/1811
DOI: https://doi.org/10.46576/prosundhar.v5i1.519
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF – 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rahmat Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index