MEMBANGUN MODERASI BERAGAMA DAN KARAKTER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH PENDEKATAN TEORITIS DAN PRAKTIS
Abstract
Pembangunan moderasi beragama dan karakter di lembaga pendidikan Islam sebagai pendekatan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis, toleran, dan multicultural. Konsep moderasi beragama (wasathiyyah) dalam Islam mengedepankan keseimbangan, keadilan, dan toleransi, yang sangat relevan dalam menghadapi tantangan radikalisasi dan ekstremisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi moderasi beragama dalam pendidikan Islam melalui pendekatan teoretis dan praktis, dengan menelaah nilai-nilai moderasi yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis serta relevansinya dalam kurikulum pendidikan Islam. Secara khusus, penelitian ini ini juga membahas peran lembaga pendidikan Islam dalam mengembangkan karakter multikultural siswa, dengan menerapkan prinsip-prinsip inklusivitas dan toleransi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis literatur, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya pemahaman tentang moderasi beragama dalam pendidikan dan menawarkan strategi implementasi yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian ini memiliki kegunaan dalam merancang kurikulum pendidikan Islam yang lebih inklusif dan moderat, serta memberikan pedoman bagi pendidik dalam membentuk generasi yang mampu berkontribusi pada kerukunan sosial dan kemajuan bangsa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang berlandaskan pada nilai-nilai moderasi dan multikulturalisme.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aflahah, S., Nisa, K., & Aldeia, A. S. (2023). The Role of Education in Strengthening Religious Moderation in Indonesia. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(2), 193–211
Ahmad, M., & Fatimah, S. (2022). Kompetensi guru dalam implementasi moderasi beragama di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 5(2)
Alfahmi, M. Z. (2022). Justification for requiring disclosure of diagnoses and prognoses to dying patients in saudi medical settings: a Maqasid Al-Shariah-based Islamic bioethics approach. BMC Medical Ethics, 23(1), 1–9
Al-Ja’fi, A.-B., Ismail, M. I., & Abdillah, A. (1978). Al-Jami al- Shagir al-Mukhtasar. Dar ibn Katsir.
Azra, A. (2007). Merawat budaya dan Moderasi beragama. Penerbit media pustaka.
Dawing, D. (2017). "Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural." Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin, 13(2).
Ghafur, S. A. (2008). Profil Para Mufassir Al-Qur’an. Pustaka Insan Madani.
Hasan, H. (2008). Pendidikan agama Islam dan Keagamaan. Centra media.
Hasan, M. (2016). Pendidikan Multikultural sebagai dasar pendidikan. Lembaga Penerbitan Unima.
Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI
Mahfud, C. (2016). Pendidikan Multikultural. Pustaka Pelajar.
Mas Rida, M. (2022). Moderasi Beragama Perspektif Al-Qur’an dalam Kurikulum 2013 PAI Jenjang Menengah Atas. Journal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(6), 478–489. https://doi.org/10.36418/locus.v1i6.155
Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Membangun Kesadaran Inklusif-Multikultural untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1 (2013)
Nasirudin, Akhlak Pendidik (Upaya Membentuk Kompetensi Spiritual Sosial), Semarang: Karya Abadi Jaya, (2002)
Nurdin, A., A. Samad, S. A., & Samad, M. A. (2019). Dasar Epistemologi Dalam Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 454
Rofiah, S., & Jasminto, J. (2023). The Development Of Assesssment Instrument For Religious Moderation Literacy In Madrasah Ibtidaiyah. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 30–40
Shihab, A. (2017). Moderasi beragama dan Pendidikan Islam. Media pustaka.
Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang moderasi beragama. Lentera Hati.
Umar, Muhammad Aulia Taufiqi, & M Bambang Purwanto. (2024). Promoting Religious Moderation through English Language Teaching: Strategies and Challenges in Islamic Educational Settings. ETERNAL (English Teaching Journal), 15(2), 192–202
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Erni Suyani, Magdalena Chori Rahmawati, Azman Azman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index