MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DAN KARAKTER MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (INKLUSIVISME JALAN MENUJU DIALOG)

Imron Bima Saputra, Rahmad Hidayat, Muhammad Said Abdul Wahid

Abstract


Moderasi beragama dan karakter multikultural merupakan dua konsep yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan harmonis. Lembaga pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang moderat dan multikultural. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana mewujudkan moderasi beragama dan karakter multikultural di lembaga pendidikan Islam melalui pendekatan inklusivisme dan dialog. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.

Keywords


moderasi beragama, multikultural, pendidikan islam, inklusivisme, dialog.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A. (2017). "Pendidikan Agama Islam yang Inklusif: Sebuah Upaya Mewujudkan Masyarakat yang Harmonis." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 1-15.

Ahmad Norma Permata, (ed.). Metodologi Studi Agama, (Yogyakarta: Kanius, 2000),

Budhy Munawar Rachman, Islam Pluralis, Paramadina, Jakarta, 2001.

Hasan, N. (2019). "Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam: Sebuah Tinjauan Teoritis." Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 1-12.

James Banks, Teaching Strategies For Ethnic Studies, (Newton: Allyn and Bacon, 1984), h. 164.

Juliet Corbin & Anselm Strauss, Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory, Canadian Journal of University Continuing Education 36, no. 2 (2010): h. 463–465.

M.Quraish Shihab, dkk. Atas Nama Agama, (Jakarta: Pustaka Hidayah, 1998), h. 285.

M.Qurish Shihab, Membumikan Al-Quran, (Bandung: Mizan, 1996), h. 45.

Ngainun Naim dan Ahmad Syauqi, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), h. 125.

Parsudi Suparlan, “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural,” Makalah. Disampaikan pada Simposium Internasional Bali ke-3, Jurnal Antropologi Indonesia, Denpasar Bali, 16-21 Juli 2002, h. 1.

Patton author. Michael Quinn, Qualitative research & evaluation methods : integrating theory and practice, (SAGE Publications Ltd STM, 2015).

Rahman, F. (2018). "Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam: Sebuah Upaya Mewujudkan Masyarakat yang Inklusif." Jurnal Pendidikan Multikultural, 2(1), 1-10.

Rustam Ibrahim, Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, dalam ADDIN, Vol. 7, No. 1, Februari 2013, h. 133.

Rustam Ibrahim, Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, dalam ADDIN, Vol. 7, No. 1, Februari 2013, h. 133.

Suharno, Membangun Kebangsaan Multikultural: Teoritis, Praktis, dan Konteks Pengembangannya, (Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia, 2016).

Will, Kymlicka, “Mitsunderstanding Nationalism” dalam Theorizing Nationalism, ed. R. Beiner, (Albany: State University of New York, 1999), h. 24.

Raimundo Panikar, Dialog Intra Religius, (Jakarta: Kanisius, 1994), h. 120


Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Imron Bima Saputra, Rahmad Hidayat, Muhammad Said Abdul Wahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index