PENDIDIKAN ISLAM MODERAT SEBAGAI PONDASI KEHIDUPAN BERBANGSA (MEWUJUDKAN GENERASI TOLERAN DAN MULTIKULTURAL)

Ahmad Mukhlasin, Mukhlis Mukhlis, Muhammad Rizki Syahputra, Suhendri Suhendri, Novita Sari, Muhammad Iqbal

Abstract


Artikel ini membahas peran strategis pendidikan Islam moderat dalam membentuk karakter generasi muda yang toleran dan multikultural sebagai pondasi kehidupan berbangsa di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum, metode pembelajaran, serta budaya sekolah di lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang mengedepankan nilai-nilai seperti toleransi, keadilan, keseimbangan, dan penghargaan terhadap perbedaan memiliki kontribusi nyata dalam membangun ekosistem pendidikan yang inklusif dan damai. Meski demikian, tantangan masih muncul dalam bentuk keterbatasan kompetensi guru, resistensi kultural, serta pengaruh media digital yang dapat memicu intoleransi. Oleh karena itu, dibutuhkan sinergi antara guru, sekolah, masyarakat, dan pemerintah untuk menguatkan ekosistem pendidikan Islam yang moderat dan kontekstual. Pendidikan Islam moderat bukan hanya solusi terhadap meningkatnya ekstremisme, tetapi juga merupakan investasi penting dalam membangun bangsa yang beradab dan harmonis.

Keywords


Pendidikan Islam, Moderasi Beragama, Multikultural, Karakter Bangsa, Toleransi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M.A. (2019). Pendidikan Islam sebagai Landasan Peradaban Multikultural. Jurnal Pemikiran Islam.

Assegaf, A.R. (2017). Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Multikultural.

Banks, J.A. (2006). Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching. Pearson.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Fatoni, A. (2018). Budaya Sekolah dan Pendidikan Karakter Islam. Jurnal Pendidikan Karakter.

Kementerian Agama RI. (2021). Pedoman Penguatan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Keagamaan.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Maksum, A. (2015). Eksklusivisme dan Tantangan Pendidikan Islam Moderat di Daerah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2016). Reorientasi Pendidikan Islam di Era Modern. Jakarta: Rajawali Press.

Mukhibat, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.

Nuryantoro, A. (2022). Pendekatan Interdisipliner dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam dan Sosial.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, D. (2020). Moderasi Beragama dan Literasi Keagamaan Digital. Jakarta: Badan Litbang Kemenag.

Wahyudi, A. (2021). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Toleransi. Jurnal Kependidikan Islam.

Zarkasyi, H.F. (2018). Moderasi Islam dan Tantangan Globalisasi. International Journal of Islamic Thought.

Zuhdi, M. (2020). Pendidikan Islam dan Sinergi Sosial dalam Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara.


Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF – 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Mukhlasin, Mukhlis Mukhlis, Muhammad Rizki Syahputra, Suhendri Suhendri, Novita Sari, Muhammad Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index