STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA EMOSI ANAK USIA DINI DI RA MIFTAAHUL ULUUM SEI RENGGAS

Wulan Haro, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi guru dalam mengelola emosi anak usia dini di RA Miftaahul Uluum Sei Renggas guna mendukung perkembangan sosial-emosional mereka secara optimal. Studi menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif selama delapan minggu pada lima kelas, wawancara mendalam dengan enam guru dan kepala RA, serta analisis dokumen perencanaan pembelajaran. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik, member checking, serta audit trail. Analisis mengikuti model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan lima strategi utama pengelolaan emosi: (1) modeling ekspresi emosi positif oleh guru; (2) penggunaan permainan peran dan bercerita untuk identifikasi serta pelabelan emosi; (3) integrasi aktivitas berbasis agama, seperti doa dan dzikir singkat, sebagai teknik menenangkan diri; (4) penerapan positive reinforcement melalui pujian verbal dan token sederhana untuk perilaku regulasi emosi yang adaptif; dan (5) kolaborasi dengan orang tua melalui buku komunikasi harian tentang perkembangan emosi anak. Hambatan yang teridentifikasi mencakup partisipasi orang tua yang tidak merata, rasio guru-murid yang tinggi, dan keterbatasan pelatihan guru terkait intervensi sosial-emosional. Implikasi praktis penelitian ini menekankan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru mengenai teknik regulasi emosi berbasis bermain, sekaligus peningkatan program keterlibatan orang tua. Hasil studi diharapkan menjadi rujukan bagi lembaga RA sejenis dalam merancang kurikulum dan kebijakan pembelajaran yang lebih responsif terhadap kebutuhan emosional anak usia dini.


Keywords


Strategi, Mengelola, Emosi, Anak.

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran anak usia dini berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 257–276.

Faruq, A., & Subhi, M. R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.522

Haloho, O. (2022). Strategi Guru dalam Pengembangan Logika Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1429. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1063

Harahap, M. Y. (2022). Family Based Education in Educating Youth Character. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 176–187. https://doi.org/10.51672/ALFIKRU.V16I2.106

Ismaraidha, M. Y. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, Volume 07,(2), 349–362. https://doi.org/https://doi.org/10.54298/jk.v7i2.264

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Munisa, M., Lubis, S. I. A., & Nofianti, R. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa). Warta Dharmawangsa, 16(3), 358–364. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2230

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Nofianti, R., Widya, R., Rozana, S., & Munisa, M. (2021). Managerial Model Analysis of School Principles in Improving Student Character in Junior High School Panca Budi Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5951–5958. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2394

Pramesti, R. (2021). Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini di paud al-hasanah kota bengkulu dimasa pandemi.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Rizka, S. M. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Alam. 7(01).

Rozie, F. (2021). Stimulasi Anak Usia 5-6 Tahun Yang Memiliki Gangguan Speech Delay Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif.

Salimah, A. S., & Al-kautsar, M. I. (2023). Strategi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual. 1(1).

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wulan Haro, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index