PENERAPAN METODE TOKEN EKONOMI DENGAN PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA AL IKHLAS KISARAN

Siti Nazmah Fajriah Saragih, Bahtiar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode token ekonomi dengan pemberian reward dalam pembelajaran anak usia dini di RA Al Ikhlas Kisaran serta untuk mengetahui dampaknya terhadap motivasi dan perilaku belajar anak. Metode token ekonomi merupakan salah satu pendekatan modifikasi perilaku yang menggunakan simbol atau token sebagai alat penguat positif yang dapat ditukar dengan reward tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta anak didik di RA Al Ikhlas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode token ekonomi dengan reward yang tepat mampu meningkatkan partisipasi aktif anak, menumbuhkan semangat belajar, serta membantu pembentukan perilaku positif di lingkungan sekolah. Anak-anak menjadi lebih antusias, kooperatif, dan disiplin dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pemberian reward yang bersifat edukatif dan konsisten terbukti efektif dalam memperkuat perilaku yang diharapkan. Kesimpulannya, metode token ekonomi merupakan strategi yang tepat dan aplikatif dalam pembelajaran anak usia dini guna membangun karakter serta motivasi belajar yang positif.

Keywords


Pemberian, Reward, Pembelajaran, Anak Usia, Dini.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Paud, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal Dan Informal.

Grace Latuheru And Tatik Meiyutariningsih.

Hidayat Taufiq,” Peranan Reward Dan Punishment Dalam Mengelola Sumber Daya Manusia” Volume 5 Http://Ejournal.Unsub.Ac.Id/Index.Php/Bisnis.

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, (Bandung: Remaja

Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification: Principles And Procedures (5th Ed.). Belmont, Ca: Wadsworth, Cengage Learning.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nirul Mukhlisa, St. Maryam, Nurhidayah Haris, Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Baru, /Vol.1. No. 2, 2021 (Jurnal Of Education), Hal.4

Nugraheni, A. (2018). Pengaruh Metode Token Economy Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Pesya Eky Khuliani And Others, 2019, Pemberian Reward Bagi Siswa Berprestasi Sebagai Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2.1 (2019), 84

Rizki Ayu Pramesti, Sofia A. P. Sambul, And Wehelmina Rumawas, „Pengaruh Reward Rosdakarya, 2009).

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th Ed.). New York: Mcgraw-Hill.

Sholehatun Rohmaniar And Hetty Krisnani, „Penggunaan Metode Token Economy.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Nazmah Fajriah Saragih, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index