PEMBELAJARAN Al-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA MANDAILING NATAL

Mawaddah Nasution, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan religius di TK ABA Mandailing Natal dapat membangun kecerdasan spiritual anak usia dini. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan doa, praktik wudu dan salat, serta mendengarkan kisah Islami mampu menumbuhkan sikap religius, empati, dan tanggung jawab anak. Guru berperan sebagai teladan utama dalam proses ini, didukung oleh pendekatan bermain dan media pembelajaran yang menarik. Kegiatan religius yang terintegrasi dalam rutinitas harian terbukti efektif dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kolaborasi antara sekolah dan orang tua untuk memperkuat nilai-nilai spiritual sejak usia dini.

Keywords


Megembangkan, Kecerdasan, Spritual, Religius.

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Budiyanti, N., Komariah, K. S., Parhan, M., Islamy, M. R. F., & Nugraha, R. H. (2022). Menanamkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Nurani. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 8(1)(1), 9–24.

Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak) (p. 23). Kencana.

Damayanti, U. F., & Solihin. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan Sosial Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir. Syifa Al-Qulub, 3(2), 65–71.

Ferihah Azizah. (2015). Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. IAIN Purwokerto.

Harahap, M. Y., Ependi, R., Harahap, A. S., & Ikhsan, F. N. (2024). Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran Yang Efektif Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 552-565.

Kartono, K. (1990). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Mandar Maju.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (Yogyakarta). Pustaka Pelajar.

Mhd. Habibu Rahman. (2024). Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini dalam Bingkai Pendidikan Islam. Medan Resource Center.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Munisa, M. (2020). Parenting Program in Growing Parents' Positive Parenting at PAUD Al-Ummah Deli Tua. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3413-3420.

Mutiarasari, A., & Isnaeni, A. (2024). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Program Santri Cilik (Santri Cilik) Di Tk Islam Alam Nusantara. As- Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 234–244.

Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Yenni. Jurnal Buah Hati, 6(2), 167. email: yenni.mutiawati@gmail.com.%0AAbstrak.

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi perkembangan anak usia dini: melalui permainan tradisional engklek. Edu publisher.

Rozana, S., Wulan, D. S. A., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak usia dini (teori dan praktik). Edu Publisher.

Sabiq, F., & Millah, D. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Anak Usia Dini Secara Qur’Ani Pada Tk Masyitoh Mranggen Demak. In ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Vol. 4, Issue 2, p. 163). https://doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2039.

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Sumadi, T., Yetti, E., Yufiarti, Y., & Wuryani, W. (2019). Transformation of Tolerance Values (in Religion) in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 386–400. https://doi.org/10.21009/jpud.132.13.

Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650

Widya, R., Siregar, B., & Rozana, S. (2020). Holistik Parenting: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam. Edu Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mawaddah Nasution, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index