ANALISIS PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA KELAS XI SMA DI INDONESIA

David Rizaldy

Abstract


Pendidikan merupakan faktor dasar dalam menentukan kualitas manusia di suatu negara. Pendidikan ditentukan oleh kurikulum dan materi pembelajaran yang telah ditetapkan. Salah satu pendidikan yang perlu ditingkatkan adalah mitigasi bencana khususnya pada mata pelajaran Geografi. Pendidikan mitigasi bencana penting diajarkan kepada siswa berdasarkan kondisi geologi Indonesia yang dilalui oleh jalur vulkanik aktif dunia. Dampak dari jalur gunung berapi aktif adalah Indonesia rawan bencana alam. Pendidikan mitigasi bencana perlu ditingkatkan untuk mengurangi dampak seperti korban jiwa, luka-luka, dan kerugian harta benda. Penelitian ini dilakukan berdasarkan tinjauan pustaka terkait pendidikan mitigasi bencana yang diterapkan di Indonesia. Materi mitigasi dan adaptasi bencana alam merupakan beberapa mata pelajaran utama dalam mata pelajaran Geografi. Penerapan pendidikan mitigasi bencana bagi siswa kelas XI Geografi memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurangnya penyampaian materi tentang mitigasi dan adaptasi bencana alam akan mempengaruhi pemahaman siswa di kelas. Materi mitigasi dan adaptasi bencana harus dipahami siswa dari abstrak ke konkrit. Materi yang dipahami siswa dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.


Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D. (2016). Pengelolaan Program Sekolah Berawawasan Lingkungan Dan Mitigasi Bencana Di SMA N 2 Klaten. Jurnal Hanata Widya, 5(1).

Dewi, I. K., & Istiadi, Y. (2016). Mitigasi bencana pada masyarakat tradisional dalam menghadapi perubahan iklim di kampung naga kecamatan salawu kabupaten tasikmalaya (disaster mitigation on traditional community against climate change in kampong naga subdistrict salawu tasikmalaya). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 23(1), 129-135.

Fadillah, T. (2011). Mitigasi bencana gempa bumi di sekitar sesar Lembang. Bulletin Vulkanologi dan Bencana Geologi, 6(3), 1-5.

Natakusuma, A., Suroso, S., & Hardati, P. (2017). Pengaruh Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Edu Geography, 5(3), 124-133.

Nirwansyah, A. W., & Nugroho, A. (2015, June). Pengembangan Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Api Selamet Bagi Siswa MI Muhammadiyah Singasari. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2015, ISBN 978 (Vol. 6, No. 13, pp. 36-40).

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49-55.

Setyowati, Dewi Liesnoor. (2019). Pendidikan Kebencanaan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Siskawati, M., Pargito, P., & Pujiati, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal studi sosial, 4(1), 72-80.


Article Metrics

Abstract view : 839 times
PDF – 805 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PROSIDING UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Prosiding Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Seminar Nasional dan Internasional By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PSND/index