Transformasi Pendidikan Melalui Edupreneurship Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Icah Juriah

Abstract


Transformasi pendidikan di era modern menuntut pendekatan yang inovatif dan berkelanjutan untuk menjawab tantangan globalisasi, digitalisasi, serta kebutuhan keterampilan abad ke-21. Edupreneurship, atau kewirausahaan dalam pendidikan, hadir sebagai strategi penting yang mampu mendorong peserta didik menjadi individu yang kreatif, mandiri, dan adaptif terhadap perubahan sosial dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis edupreneurship dalam mengubah wajah pendidikan menuju masa depan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka terhadap berbagai literatur akademik yang terbit sejak tahun 2018. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan edupreneurship di lingkungan pendidikan mampu menciptakan iklim belajar yang dinamis, kolaboratif, dan kontekstual. Selain itu, pendekatan ini berkontribusi dalam menumbuhkan karakter kewirausahaan, seperti inovasi, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial. Edupreneurship juga memperkuat sinergi antara pendidikan dan pembangunan berkelanjutan melalui integrasi nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dengan demikian, edupreneurship tidak hanya menjadi solusi transformasi pendidikan, tetapi juga pondasi strategis dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya saing dan berorientasi pada masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.


Keywords


Edupreneurship, Transformasi Pendidikan, Inovasi, Keberlanjutan, Abad 21.

Full Text:

PDF

References


Andriani, R. (2019). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 184–191. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.654

Hidayat, R., & Wulandari, R. (2020). Edupreneurship dan Implikasinya dalam Pengembangan Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(3), 206–218. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i3.29376

Iswahyudi, H. (2021). Tantangan Implementasi Kurikulum Edupreneurship di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.23887/jpi.v10i1.32701

Ramadhani, T., & Supriyadi, R. (2022). Edupreneurship sebagai Sarana Pembentukan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa SMK. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 19(1), 71–79. https://doi.org/10.21831/jep.v19i1.45832

Sutrisno, B., & Marzuki, I. (2021). Membangun Karakter Edupreneur pada Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 112–120. https://doi.org/10.5281/zenodo.4719602

UNESCO. (2020). Education for Sustainable Development: A Roadmap. Paris: UNESCO Publishing. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/




DOI: https://doi.org/10.46576/prosftik.v2i1.595

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Icah Juriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAWANGSA PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFTIK/index