Peran Edupreneurship dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan

Fauziah Ahmad Zain Nainggolan

Abstract


Perkembangan teknologi dan dinamika global telah menghadirkan tantangan besar bagi dunia pendidikan, seperti ketimpangan akses, rendahnya relevansi kurikulum, serta kesiapan lulusan menghadapi dunia kerja yang terus berubah. Untuk itu, dibutuhkan pendekatan inovatif yang mampu menjawab berbagai tantangan tersebut. Edupreneurship, sebagai perpaduan antara pendidikan dan kewirausahaan, muncul sebagai solusi strategis dalam menciptakan pendidikan yang adaptif, kreatif, dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran edupreneurship dalam menghadapi tantangan pendidikan masa depan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, berdasarkan berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa edupreneurship mampu mendorong inovasi dalam proses pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru dan siswa, serta memperkuat kemandirian lembaga pendidikan melalui pengembangan model bisnis edukatif. Selain itu, edupreneurship juga berkontribusi dalam menanamkan jiwa kewirausahaan kepada siswa sejak dini, sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja dan menjadi agen perubahan di masyarakat. Dengan demikian, edupreneurship berperan sebagai fondasi penting dalam membangun sistem pendidikan yang lebih relevan, responsif, dan berkelanjutan di masa depan.


Keywords


Edupreneurship, Pendidikan Masa Depan, Inovasi, Kewirausahaan, Keberlanjutan.

Full Text:

PDF

References


Andriani, Y., & Hakim, L. (2021). Inovasi Edupreneurship dalam Dunia Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 101–110. https://doi.org/10.21009/jpk.092.08

Astuti, S. P. (2019). Peran Guru Sebagai Edupreneur dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 45–53.

Fitriyani, R., & Wijayanti, R. (2020). Edupreneurship Sebagai Strategi Pendidikan Masa Depan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 17(2), 78–85.

Rahmawati, T. (2022). Mewujudkan Pendidikan Berkelanjutan Melalui Pendekatan Edupreneurship. Jurnal Transformasi Pendidikan, 5(1), 34–42.

Santosa, D. (2018). Kewirausahaan dalam Dunia Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 198–207.

Yuliani, E. (2023). Edupreneur dan Digitalisasi Pembelajaran: Peluang Baru dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 22–29.




DOI: https://doi.org/10.46576/prosftik.v2i1.594

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fauziah Ahmad Zain Nainggolan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Dharmawangsa Terindex pada:

PROSIDING SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAWANGSA PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFTIK/index