STRATEGI PENANAMAN NILAI KEJUJURAN PADA USIA DINI MELALUI INTEGRASI ILMU DAN AGAMA

Wina Asry, Muhammad Luthfie Ramadhani Suprapto, Imron Bima Sahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penanaman nilai kejujuran pada anak usia dini melalui integrasi ilmu dan agama. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, yaitu menelaah berbagai literatur berupa buku, artikel, jurnal, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai kejujuran sangat penting ditanamkan sejak usia dini karena masa ini merupakan periode emas pembentukan karakter. Integrasi ilmu dan agama dilakukan dengan memadukan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat digunakan antara lain keteladanan guru, pembiasaan perilaku jujur dalam aktivitas sehari-hari, penyampaian kisah teladan keagamaan, serta pengintegrasian nilai spiritual dengan konsep ilmiah. Upaya ini memungkinkan anak memahami kejujuran tidak hanya sebagai aturan sosial, tetapi juga sebagai nilai moral dan religius. Dengan demikian, pembelajaran yang berbasis integrasi ilmu dan agama mampu mengembangkan kecerdasan intelektual sekaligus membentuk akhlak mulia anak usia dini, sehingga tercipta generasi yang cerdas, beriman, dan berkarakter.

Keywords


Kejujuran, anak usia dini, integrasi ilmu dan agama.

Full Text:

PDF

References


Adriani, dkk. (2021). “Strategi Penanaman Nilai Kejujuran pada Anak Usia 5–6 Tahun di TK Negeri Pembina Pontianak Barat.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 10. No. 3.

Agustina, R., & Suryadi. (2023). “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.12. No. 1.

Al-Ghazali. (2015). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Ghazali, A. H. (2005). Ihya’ Ulum al-Din (terj. Ismail Yakub). Jakarta: Republika.

Al-Ghazali (2005). Akhlak Mulia dan Pendidikan Anak. Jakarta: Lentera Hati.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Cambridge: Harvard University Press.

Daradjat. (2012). Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pendidikan Anak. Jakarta: Ciputat Press.

Daradjat, Zakiah. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (1995). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Hermayani, E. (2023). “Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 2.

Hermayani, D. (2023). Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.1. No.10.

Hidayah, F. (2016). “Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur).” Jurnal PAUD Tambusai. Vol. 2. No. 2.

Langgulung, H. (2003). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.

Lickona, T. (2013). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid dan Andayani. (2011). Strategi Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Megawangi, Ratna. (2014). Pendidikan Karakter untuk Anak Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa (2017). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasyifa, S. (2024). “Penanaman Nilai Moral Agama pada Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga Suku Banjar.” Edusiana. Vol. 2. No. 2.

Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Sakinah, dkk. (2025). Menanamkan Kejujuran Sejak Dini: Kajian Kualitatif terhadap Pendidikan Karakter Jujur Berbasis Kisah Nabi dan Rasul. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. Vol. 7. No. 8.

Trianto. (2015). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.608

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wina Asry, Muhammad Luthfie Ramadhani Suprapto, Imron Bima Sahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index