STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN ABU KEUMALA AL-AZIZIYAH DELI SERDANG

M Syauqy Muta Ali, Nazrial Amin

Abstract


Penelitian ini mengkaji strategi pengajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Abu Keumala Al-Aziziyah, Deli Serdang. Sebagai referensi utama dalam pendidikan pesantren, kitab kuning menyajikan kompleksitas linguistik dan interpretasi, sehingga membutuhkan metode pengajaran yang terstruktur dan kontekstual. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode tradisional, seperti sorogan dan bandongan, di samping integrasi pendekatan modern yang selaras dengan tuntutan era digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan secara signifikan meningkatkan pemahaman individu, sementara metode bandongan memfasilitasi pembelajaran kolektif secara efektif. Terlepas dari kelebihan-kelebihan tersebut, integrasi teknologi ke dalam pembelajaran kitab kuning masih terbatas, sehingga menyoroti perlunya pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menggabungkan metode tradisional dan modern menawarkan solusi yang menjanjikan untuk mengoptimalkan pengajaran kitab kuning. Penelitian ini menekankan pentingnya menyeimbangkan strategi inovatif dengan pelestarian nilai-nilai tradisional dalam pendidikan pesantren.

Keywords


pembelajaran, kitab kuning, metode tradisional, pendekatan modern, pesantren

Full Text:

PDF

References


Abdur Rahman Saleh, Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren, (Jakarta: Departemen Agama RI, 1982).

Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 2021.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, ( Bandung: Rosdakarya, 2002).

Mariyam, S. (2021). Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.2828

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Yusuf Maulana Reksa, & Huriah Rachmah. (2022). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 115–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1484

Rasyid Anwar Dalimunthe. (2020). Dalimunthe, M.Pd.l. Setrategi Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren, 20.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.581

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M Syauqy Muta Ali, Nazrial Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index