PROGRAM PEMBINAAN KHUTBAH JUMAT DAN LITERASI DAKWAH DIGITAL DALAM BINA MENTAL SISWA SMP PANCA BUDI MEDAN

Susanto Susanto, Muhammad Yunan Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembinaan khutbah Jumat dan literasi dakwah digital serta dampaknya terhadap pembinaan mental siswa di SMP Panca Budi Medan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan pembinaan karakter religius yang kontekstual di era digital. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program khutbah Jumat memberikan ruang bagi siswa untuk melatih kemampuan komunikasi keagamaan, meningkatkan rasa percaya diri, dan memperkuat kesadaran spiritual. Sementara itu, literasi dakwah digital mengarahkan siswa agar mampu memproduksi konten dakwah yang kreatif dan bertanggung jawab di media sosial. Kedua program ini saling melengkapi dalam membentuk mental dan karakter siswa secara holistik. Peran aktif guru PAI, guru TIK, dan dukungan manajemen sekolah menjadi faktor penting dalam keberhasilan program.

Keywords


Khutbah Jumat, Dakwah Digital, Pembinaan Mental, Karakter Religius.

Full Text:

PDF

References


Agama, K. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama RI.

Ahmad, A. K. (2003). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Indobis Media Centre.

Apriyani. (2024). Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Islam Ali bin Abi Thalib dan Relevansinya terhadap Pembentukan Karakter di Era Kontemporer. Indonesian Journal of Character Education Studies, 1(March), 39–49.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Panggabean, H. S., Harahap, M. Y., Audline, H. R. P., Hannum, L., & Oktafiani, S. I. (2024). The Ability of Islamic Religious Education Teachers in Using Learning Media (A Study at MAN 2 Model Medan). Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 0(3). https://doi.org/10.47006/ISCIS.V0I3.22201

Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISBAH; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-quran. Lentera Hati.

Siti Aisyah. (2024). Literasi dalam Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education El Madani, 3, 47–51.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Memahami Pnelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta.

Suhadi, & Zakariyah. (2021). Implementasi Budaya Literasi Pada Pembelajaran Al Qur`an Hadis di Madrasah Aliyah. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1776

Suryanti, D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference On Innovation and Application Of Science and Technology (CIASTECH 2018), 1(September), 254–262. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/630

Via Yunita Sari, I., Rifngatul Kamila, E., & Nurkholis. (2023). Transformasi Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Menghadapi Era Society 5.0. Journals of Religion Philosophy and Social Science, 1(1), 26–41.

Wicaksono, D. S., Kasmantoni, & Walid, A. (2021). Peranan Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alfa dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 181–189.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.579

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Susanto Susanto, Muhammad Yunan Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index