TRANSFORMASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA MODERN: TELAAH TERHADAP PEMIKIRAN MUHAMMAD ALI PASHA

Mansur Ali Hanafi Siregar, Tumiran Tumiran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi nilai-nilai pendidikan Islam pada era modern melalui telaah terhadap pemikiran dan kebijakan pendidikan Muhammad Ali Pasha di Mesir pada awal abad ke-19. Sebagai salah satu tokoh sentral dalam proses modernisasi dunia Islam, Muhammad Ali Pasha dianggap telah membawa perubahan besar dalam sistem pendidikan, baik dari segi struktur kelembagaan, kurikulum, maupun orientasi nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yang berfokus pada analisis historis dan filosofis terhadap dokumen, karya ilmiah, serta referensi terkait yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi pendidikan yang dilakukan Muhammad Ali Pasha merupakan upaya strategis untuk memperkuat kapasitas negara dalam bidang militer, administrasi, dan teknologi melalui sistem pendidikan yang modern. Namun, transformasi ini juga menimbulkan dampak terhadap nilai-nilai pendidikan Islam, terutama terjadinya pergeseran dari pendidikan berbasis spiritualitas dan akhlak ke arah pendidikan yang pragmatis, teknokratik, dan sekuler. Terjadi pula dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum yang masih memengaruhi sistem pendidikan di negara-negara Muslim hingga saat ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Muhammad Ali Pasha tetap relevan untuk dikaji sebagai pijakan dalam merancang sistem pendidikan Islam yang integratif. Pendidikan Islam masa kini memerlukan model yang mampu menggabungkan nilai-nilai keislaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan modern tanpa kehilangan identitas spiritual dan moralnya.

Keywords


Modernisasi, Muhammad Ali Pasha, Transformasi, Sekularisasi Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Abrianto, D. (2023). The Role of Children’s Character in the Perspective of Educational Philosophy. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 2(1), 783–795. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ISCIS/article/view/18470

Athoillah, M. A., & Wulan, R. W. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2(November), 23. https://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/14

Azra, A. (2001). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium. Kalimah.

Cici, C. C., & Banu Irfan. (2022). History of Islamic Education in the Modernization Era of Egypt. HISTORICAL: Journal of History and Social Sciences, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.58355/historical.v1i1.29

Harahap, M. Y., Ependi, R., Harahap, A. S., & Ikhsan, F. N. (2024). The Effectiveness Of Opening And Closing Lessons In The Context Of Islamic Education At The Private Madrasah Aliyah Amaliyah Sunggal. Prosiding Universitas Dharmawangsa, 4(1), 202–215. https://doi.org/10.46576/PROSUNDHAR.V4I1.356

Harahap, R. M. (2018). Muhammad Ali Pasha: Inovasi Pendidikan Islam. Idrak: Journal of Islamic Education, 1(1), 19–32. http://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/2

Harahap, S. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Istiqamah Mulya Press.

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Lubis, H. S., Lubis, S. A., & Daulay, N. (2024). Multiple Intelligences-Based Learning Strategies for Islamic Religious Education in Private Elementary Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 612. https://doi.org/10.35723/AJIE.V8I2.513

Mujahidah, U., Said, R., Ramadhan, A. R., Sauri, S., Arab, P. B., Pendidikan Bahasa, F., Sastra, D., & Pendidikan Indonesia, U. (2024). Tokoh-Tokoh Modernisasi Pedagogik Di Timur Tengah Dan Pembaruannya Figures of Pedagogical Modernization in the Middle East and Its Reform. Cermin:Jurnal Penelitian, 8, 147–162.

Panggabean, H. S., Harahap, M. Y., Audline, H. R. P., Hannum, L., & Oktafiani, S. I. (2024). The Ability of Islamic Religious Education Teachers in Using Learning Media (A Study at MAN 2 Model Medan). Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 0(3). https://doi.org/10.47006/ISCIS.V0I3.22201

Permata, S., Hasaruddin, H., Syukur, S., Reynaldo, R., & Rizal, A. (2023). Muhammad Ali Pasha Dan Ide Pembaharuannya Di Mesir. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(1), 43–56. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v8i1.2156

Siregar, B. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tahta Media Group.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Swendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.578

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mansur Ali Hanafi Siregar, Tumiran Tumiran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index