IMPLEMENTASI STRATEGI DIFERENSIASI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AR-RAHMAN MEDAN

Bagus Sanjaya, Danny Abrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi diferensiasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi kesulitan belajar peserta didik di SMA Ar-Rahman Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, serta kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menerapkan strategi diferensiasi pembelajaran melalui tiga aspek utama: isi, proses, dan produk. Diferensiasi isi dilakukan dengan menyesuaikan tingkat kedalaman materi sesuai kemampuan siswa. Diferensiasi proses diterapkan melalui variasi metode pembelajaran, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan proyek keagamaan. Sementara diferensiasi produk memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk memilih bentuk tugas akhir yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, serta membantu mereka yang mengalami kesulitan belajar untuk tetap terlibat secara aktif. Meskipun demikian, guru menghadapi sejumlah kendala, seperti keterbatasan waktu, sarana pendukung, dan kurangnya pelatihan. Oleh karena itu, diperlukan dukungan institusional yang lebih kuat untuk mengoptimalkan implementasi strategi diferensiasi di kelas PAI.

Keywords


Strategi Diferensiasi, Pembelajaran PAI, Kesulitan Belajar, Guru, Siswa

Full Text:

PDF

References


AB. Musyafa, F. (2010). Strategi Diferensiasi Sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Kompetitif Layanan Pendidikan. Penelitian Keagamaan Dan Sosial-Budaya, 4, 147–179. https://deswati094748.gurusiana.id/article/2021/02/strategi-diferensiasi-produk-4056720?bima_access_status=not-logged

Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41

Azizah, S. N., & Astutik, A. P. (2025). Diferensiasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi di Era Digital. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2905–2915. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7503

Harahap, M. Y., Ependi, R., Harahap, A. S., & Ikhsan, F. N. (2024). The Effectiveness Of Opening And Closing Lessons In The Context Of Islamic Education At The Private Madrasah Aliyah Amaliyah Sunggal. Prosiding Universitas Dharmawangsa, 4(1), 202–215. https://doi.org/10.46576/PROSUNDHAR.V4I1.356

Khalib Gadafi, Andika Saputra, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Peran Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(2), 297–308. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i2.1081

Lestari, U. F., Wati, M., Afandi, M., Subhan, M., & Sahbana, M. D. R. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis. Journal of Education Research, 5(4), 5272–5280. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806

Lubis, S., Tumiran, Harahap, M. Y., & Rahayu, S. (2025). Teachers’ Strategies in Teaching Mawaris Fiqh at the Islamic Tarbiyah Senior High School, Hamparan Perak District. International Conferance Of Digital Sciences And Engineering Technology , 129–138. https://proceeding.pancabudi.ac.id/index.php/ICDSET/article/view/321

Malik, A. (2024). Penerapan Pendekatan Diferensiasi dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(02), 291–300.

Matthew B. Miles, A. M. H. (1992). Analisis Data iKualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Uiniversitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Rahmadi, F., Yunan Harahap, M., & Azizah Siregar, R. (2020). Analysis of Managerial Model Principals Elementary School in Medan (Perspective Student Character in Islamic Studies). International Journal of Research and Review (Ijrrjournal.Com), 7(1), 1.

Ria, H. Z., & Mukhibat, M. (2020). Strategi Diferensiasi Dalam Pengembangan Madrasah Inspiratif Di Man 2 Ponorogo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 175–188. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i2.16

Siregar, B., Putri, V., Nurrayza, N., & Putri, V. (2023). Potret Guru Pendidikan Agama Islam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Ar-Rahman Medan Helvetia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1266–1277. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/424

Tumiran, T., Siregar, B., Agustia, N. R., & Azhari, F. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Digitalisasi (Studi Kasus di Mas Tarbiyah Islamiyah Kec. Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 542–551. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32899




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.576

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF – 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bagus Sanjaya, Danny Abrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index