MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN FONDASI NILAI ISLAM SEJAK DINI DI RA AL HIKMAH MEDAN MARELAN

Sarinah Abdi, Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi nilai-nilai Islam sejak dini dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di RA Al Hikmah Medan Marelan. Fokus utama kajian ini adalah menelaah peran pendidikan karakter berbasis nilai Islam dalam membentuk enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan arah kebijakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena secara mendalam dan holistik. Sumber data utama berasal dari kepala sekolah, guru, peserta didik, serta dokumen pembelajaran yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahapan utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RA Al Hikmah Medan Marelan berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Islam sejak dini dalam pembelajaran dan pembentukan karakter anak. Nilai religius, gotong royong, kemandirian, kreativitas, dan toleransi ditanamkan melalui pembiasaan, keteladanan guru, dan pembelajaran tematik. Anak menunjukkan perilaku positif sesuai enam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Meskipun menghadapi tantangan keluarga dan era digital, sekolah mampu mengatasinya melalui strategi adaptif seperti parenting Islami dan pelatihan guru berbasis karakter Islami.

Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Nilai Islam, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084

Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Hairiyah, S. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Kariman , Volume 07 , Nomor 02 , Desember 2019 | 265 Siti Hairiyah & Mukhlis. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 07, 265–282. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/118

Hamdani, H. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Pustaka Setia.

Hamka, A. A. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Al-Mawardi.

Harahap, M. Y., Hamzah, H., Khairi, A. M., & Harahap, T. M. (2022). Parents’ Education Interaction Patterns on The Effectiveness of Supervition and Development of Children’s Religious Character in Kota Pari Village, Pantai Cermin DIstrict, Serdang Bedagai District. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 1(1), 2022. https://doi.org/10.47006/ISCIS.V1I1.14750

Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194

Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4438

Jumaah, Jumaah and Arifin, S. (2024). Peran Literasi Al-Qur’an Dalam Pembentukan Pemikiran Kritis Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Wanasaba. Journal on Education, 6(02), 11599–11610. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4968

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Kertanegara, M. (2005). Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik. Mizan Pustaka.

Laili, F. N., Fatkhurrozi, A., Abdillah, Y., & Ni’am, H. M. (2023). Melestarikan Kearifan Lokal Melalui Kurikulum Pendidikan dalam Membangun Nilai Karakteristik Peserta Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 417–432. https://doi.org/10.36835/MODELING.V10I1.1894

Manshuruddin, M., Harahap, M. Y., & Sandhya, M. B. (2024). Inovasi dalam Pendidikan Berbasis Life Skills di Pondok Pesantren Modern Darul Ma’rifat Deli Serdang. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01), 26–34. https://doi.org/10.51700/MUTAALIYAH.V4I01.781

Megawangi, R. (2005). Pendidikan Karakter: Solusi Tepat Untuk Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Fonudation.

Menteri, P. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Kementrian Pendidikan.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Na’imah, T. (2019). Internalisasi Nilai Akhlaqul Karimah dalam Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Psikologi, 73–85. http://www.journal.uml.ac.id/PSN/article/view/31/19

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.

Siregar, D. A., & Harahap, A. S. (2019). Nilai pendidikan anti korupsi berbasis nilai poda na lima pada mahasasiswa perguruan tinggi. Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2019, 1729–1735.

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Syahrial Harahap, A., Nofianti, R., Rahayu, N., Nitami, D., Ginting, B., Pembangunan, U., & Budi, P. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm

Ulfa. (2017). Optimalisasi pengembangan multiple intelligences pada anak usia dini di RA Alrosyid Kendal Dander Bojonegoro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 76–93. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v3i2.121

Widya, R., Rozana, S., Harahap, M. Y., & Panggabean, N. (2024). Pelaksanaan Program Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tuna Grahita Di SLB C Muzdalifah. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 317–322. https://doi.org/10.31004/JH.V4I6.1822

Widyaningsih, D. (2022). Konsep Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Skripsi. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32931




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.572

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sarinah Syahrial Sarinah, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index