POLA KOMUNIKASI GURU DAN ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN NILAI-NILAI ISLAM DI RA MUSLIM MEDAN KOTA

Annida Annida, Bahtiar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran nilai-nilai Islam kepada anak usia dini di RA Muslim Medan Kota. Komunikasi antara guru dan anak memiliki peran sentral dalam mentransmisikan nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, dan sopan santun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai pola komunikasi seperti komunikasi dua arah, komunikasi persuasif, dan komunikasi afektif untuk membangun kedekatan emosional dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Guru juga memanfaatkan bahasa verbal dan nonverbal yang sederhana dan ramah untuk memudahkan anak dalam memahami pesan-pesan moral yang diajarkan. Kesimpulannya, pola komunikasi yang efektif antara guru dan anak sangat berpengaruh dalam internalisasi nilai-nilai Islam, dan keberhasilannya ditentukan oleh kedekatan emosional, keteladanan guru, serta penggunaan metode yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

Keywords


Pola,Komunikasi,Guru,Anak,Dalam,Pembelajaran, Nilai-Nilai,Islam.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).

Ahmad Mustafâ al-Marâgî, Tafsîr al-Margî, Jilid I (Beirût: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1427 H/2006 M).

Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Fadhifah Attamimy, Komunikasi Pendidikan: Studi Faktor Pendidikan dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar di Kota Ambon (Bogor: Hilliana Press, 2014).

Jurnal Suryadi, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Mahasiswa Prodi IPI Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, Tahun 2014).

M. Saekhan Munchit, Pembelajaran Konstekstual (Semarang: Rasail Media Group, 2008).

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir Hâ{mid Abû Zaid, Tekstualitas Al-Qur’an: Kritik terhadap Ulum Al-Qur’an, terj. Khoiran Nahdiyyin (Yogyakarta: LkiS, 2001).

Rustaman, Strategi Belajar Mengajar Biologi (Jakarta: Depikbud, 2003).

Sanusi Uwes, Visi dan Fondasi Pendidikan dalam Prspektif Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003).

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran (Bandung : Alfabeta, 2003).

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wahyuni, E. (2015). Komunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.569

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Annida Annida, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index