REFLEKSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA VISUAL ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA FAJAR SHIDDIQ MEDAN MARELAN

Nur Aini, Bahtiar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji refleksi guru terhadap penggunaan media visual Islami dalam pembelajaran anak usia dini di RA Fajar Shiddiq Medan Marelan. Media visual Islami merupakan salah satu sarana yang digunakan dalam menyampaikan nilai-nilai keislaman secara menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memandang media visual Islami sebagai alat bantu yang efektif dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap materi keislaman, menumbuhkan minat belajar, serta memperkuat nilai-nilai akhlak mulia. Namun demikian, terdapat tantangan dalam pemilihan media yang sesuai dengan usia dan karakteristik anak, serta keterbatasan fasilitas pendukung di sekolah. Refleksi guru juga menunjukkan perlunya pelatihan dan pengembangan media yang lebih kreatif dan kontekstual agar pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan media visual Islami serta kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam mendukung pembelajaran berbasis nilai Islam.

Keywords


Refleksi,Guru,Penggunaan,Media Visual,Islami, Pembelajaran, Anak Usia,Dini.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017) hlm.1

Asrori, Mohammad. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: P.T Sandiarta Sukses.

Daryanto,“Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Jurnal:Kewarganegaraan Vol. 6 No.2 (2022):h.2582

Depdiknas. (2007). Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Febi Anita Sari “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Sistem Pembelajaran” Jurnal: pendidikan dan Teknologi pembelajaran, Vol. 2,No 1.2019.h.418.

Hamzah, Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama. Vol.12, No.1, hlm. 59-70

Kemas Mas’ud Ali, “Integritas Pendidikan Agama Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi,” tadrib Vol. 11 No (2016): h. 5.

Kurniawan, Andri., dkk. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Kurniawan, Andri., dkk. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Lilis Madyawati, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017) hlm.16

Lilis Madyawati, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak…, hlm.17.

Mu’alimin, dan Rahmat Arofah Hari Cahyadi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.

Muh. Sain Hanafy, Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79, hlm. 74

Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Novi Mulyani, Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019) hlm. 35

Nurotun Mumtahanah, “Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI,” h. 94.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional, hlm. 6

Rifai. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Dalam PAK. Sukaharjo: BornWin’s Publishing.

Rina Dian Rahmawati, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Visual Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Sumberagung,” Pengabdian Masyarakat Vol. 3 (2022): h. 125

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Santrock, J.W. (2011). Child Development: Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Suyadi. (2015). Psikologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruzz Media.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta,

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif (Jakarta: Kencana, 2009), hlm. 19.

Umar Manshur, “Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pai”.jurnal:Pendidikan Agama Islam,Vol. 5,No 1. 2019.h.6

Umar Manshur, “Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pai”.jurnal:Pendidikan Agama Islam, Vol. 5,No 1.2019.h.5




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.564

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nuraini Aini, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index