STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA ISLAMI RA AL HIKMAH MEDAN MARELAN

Ita Mery, Bahtiar Siregar

Abstract


Penanaman nilai kejujuran sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini melalui media cerita Islami di RA Al Hikmah Medan Marelan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan beberapa strategi seperti pemilihan cerita Islami yang mengandung pesan moral kejujuran, penyampaian cerita dengan metode interaktif, serta penguatan nilai melalui diskusi, refleksi, dan keteladanan. Cerita Islami yang dipilih seperti kisah Nabi Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya menjadi media efektif dalam menanamkan nilai kejujuran karena mudah dipahami dan sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Strategi ini terbukti membantu anak memahami dan mulai menerapkan nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cerita Islami dapat menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam pendidikan karakter di lembaga PAUD.

Keywords


Stategi, Guru, Menanamkan, Nilai-Nilai, Kejujuran, Cerita Islami.

Full Text:

PDF

References


Al-Bukhari, M. bin I. (2002). Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar Ibn Katsir.

Anita Yus dan Winda Widya Sari. Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini Edisi Revisi. (Jakarta: Kencana, 2020), 100.

Bukhari Umar, Hadis Tarbawi (Jakarta: Amzah, 2012), hlm. 42.

Depdiknas. (2005). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Penjelasannya. Jakarta: Depdiknas.

Ibnu Burdah, 2013, Pendidikan Karakter Islami untuk Siswa SMA/MA, Jakarta: Erlangga, hlm.72.

Iharma Kesuma dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik disekolahan, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 16

Muhammad Abul Aziz Al Khuli, Akhlaq Rasulullah SAW diterjemahkan oleh Abdullah Sonhadji, dari judul asli Al Adabun Nabawi, (Semarang: CV. Wicaksana, 1989), hlm. 247

Muhammad Ali dan Clara Duta Wahyu Dinata, “Strategi Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik: Sebuah Kajian Dengan Pendekatan Fenomenologi,” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (2024): 1237–46.

Muslim bin al-Hajjaj. (2006). Shahih Muslim. Beirut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi.

Musrifah Mahmud dan Muhammad Lukmanul Hakim, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Buku Di Toko Bakoel Buku Bergizi (BB) Tahun 2021-2023,” Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syariah 7, no. 2 (2024): 134–66.

Nugraha, H., & Supatmi, S. (2021). Penguatan Karakter Anak Usia Dini melalui Cerita Islami di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 6(1), 56–68.

Sitti Hermayanti Kaif dan Fajrianti, Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran Yang Dapat Diterapkan Guru) (Surabaya: Inoffast Publishing, 2022).

Yuliani, N. (2013). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.562

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ita Mery Ita Mery, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index