IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBIASAAN PERILAKU ISLAMI DALAM KEGIATAN HARIAN DI RA ABDULLAH PADANG SIDEMPUAN

Yusriana Siregar, Bahtiar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembiasaan perilaku Islami dalam kegiatan harian anak usia dini di RA Abdullah Padang Sidempuan. Pembiasaan perilaku Islami merupakan bagian penting dalam pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini melalui aktivitas rutin, teladan, dan pendekatan emosional oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi kegiatan harian anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan perilaku Islami diterapkan melalui kegiatan seperti doa bersama sebelum dan sesudah belajar, salam dan senyum saat bertemu, menjaga kebersihan, serta penerapan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan sopan santun. Guru berperan aktif sebagai model teladan dan fasilitator dalam membentuk kebiasaan positif tersebut. Faktor pendukung keberhasilan strategi ini adalah kerjasama yang baik antara guru dan orang tua serta lingkungan sekolah yang mendukung. Adapun hambatannya meliputi kurangnya konsistensi sebagian anak dan perbedaan latar belakang keluarga. Secara keseluruhan, strategi pembiasaan ini efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islami pada anak usia dini sebagai pondasi pembentukan karakter kepribadian Islami.

Keywords


Implementasi,Strategi,Pembiasaan,Perilaku,Islami Kegiatan,Harian.

Full Text:

PDF

References


A. Crow & L Crow, Psikologi Pendidikan, (Nur Cahaya, 1989).

Aan & Cepi, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Abdul Wahab, Sholicin, Pengantar Kebijakan Publik, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2008.

Akib Haedar, Antonius Tarigan. “Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya,” Jurnal Baca, Volume 1, Universitas Pepabari Makassar, 2008.

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).

Binti Maunah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Yogyakarta: Teras, 2009).

Daradjat, Zakiah. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep implementasi, Bnadung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Edward III George C, Public Policy Implementing, Jai Press Inc, London_England. Goggin, Malcolm L et al. 1990.

Helmi Ahmad, Kamus Lengkap Inggris Indonesia- Indonesia Inggris, Semarang: Bunayya, t.th.

Muhaimin. (2016). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2003).

Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Strategi Pemasaran, (Bandung : Pustaka Setia, 2015).

Suyadi. (2015). Psikologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pedagogia.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.550

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yusriana Siregar, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index