INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI DI RA AL QUR'AN AL KHALILI PADANG SIDEMPUAN

Nurliana Indah Sitompul, Bahtiar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pendidikan Islam bagi anak usia dini di RA Al-Qur’an Al-Khalili Padang Sidempuan. Nilai-nilai toleransi seperti saling menghargai, sabar, berbagi, dan menghormati perbedaan merupakan bagian penting dari pembentukan karakter Islami sejak dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai toleransi dilakukan melalui pembiasaan dalam kegiatan harian, keteladanan guru, serta integrasi dalam cerita Islami dan permainan edukatif. Guru memiliki peran sentral sebagai model perilaku toleran, sementara lingkungan belajar yang kondusif turut memperkuat proses pembentukan sikap toleransi anak. Hambatan yang dihadapi antara lain latar belakang keluarga yang berbeda-beda dan keterbatasan pemahaman anak, namun dapat diatasi melalui pendekatan komunikatif dan kolaboratif antara guru dan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pendidikan Islam anak usia dini perlu dilakukan secara konsisten dan terintegrasi agar mampu membentuk pribadi anak yang berakhlak mulia dan mampu hidup harmonis dalam perbedaan.

Keywords


Internalisasi,Nilai-Nilai,Toleransi,Pendidikan, Islam,Anak,Usia,dini.

Full Text:

PDF

References


A.H. Choiron, Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Idea Press, 2010).

Abdul Fattah Jalal, Min Ushul al-Tarbiyah fi al-Islam, yang diterjemahkan oleh Hery Noer Aly dengan judul, Azas-Azas Pendidikan Islam (Bandung: Diponegoro, 1988).

Abdurrahman al-Nahlawi, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyyat wa Ashalibiha, yang diterjemahkan oleh Shihabuddin dengan judul Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta: Gema Insani Press, 1995).

alidjernih, Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif sosiologikal dan politikal, (Bandung, Widya Aksara, 2010).

Aris Priyanto, “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain”, dalam Jurnal Ilmiah Guru “COPE” Pengawas SMA Dinas Pendidikan Yogyakarta, No. 02 November, 2014.




DOI: https://doi.org/10.46576/pfai.v5i0.549

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurliana Indah Sitompul, Bahtiar Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index