STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER AMANAH PADA ANAK USIA DINI DI KB MADANI MANDAILING NATAL

Siti Sahara, Mhd. Habibu Rahman

Abstract


Di KB Madani Mandailing Natal kami berharap dapat mengetahui bagaimana Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Amanah Pada Anak. Dalam membentuk karakter amanah, sejauh ini siswa mengalami perkembangan dalam hal sikap. Salah satunya sikap santun dalam berkomunikasi serta amanah dalam menyampaikan sebuah pesan Dalam amanah terdapat nilai-nilai dasar yang menjadi sebuah permulaan, dimana nilai-nilai tersebut wajib diamalkan dalam membentuk perilaku baik siswa untuk bisa menjaga titipan teman dan memenuhi janjinya dan bertindak secara hormat. Nilai itu sendiri mengandung kriteria yang dipandang baik dalam bertingkah laku, berbicara, yang mampu memberikan manfaat di lembaga sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses menanamkan nilai amanah di sekolah tujuan utama yang menjadi penentu keberhasilan dalam pembentukan karakter amanah tidak lain seorang guru, karena guru merupakan orang yang menjadi panutan bahkan menjadi tokoh idola bagi siswa dalam proses pembelajaran. Dalam menanamkan nilai amanah guru harus melalui beberapa proses yaitu melalui proses pengajaran kepada anak didiknya, melalui keteladanan guru, dan melalui pendekatan pada siswa di sekolah.


Keywords


Strategi Guru, Membentuk Karakter Amanah

Full Text:

PDF

References


Hardiyana, A. (2020). Peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui bermain. Jurnal Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 1(1).

Harimulyo, M. S., Prasetiya, B., & Muhammad, D. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1). https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Mustaqim. (2016a). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1).

Mustaqim. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Google Books. In Jurnal Intelegensia (Vol. 4, Issue 1).

Ningsih, S., Wiyono, B. B., & Atmoko, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Montessori Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14503

Nugraha, B. (2015). Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3030

Rohmat, R. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2). https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325

Sholeh, S. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Lingkungan Keluarga Menurut Imam Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1). https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).618

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. In Bandung:Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.542

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Sahara, Mhd. Habibu Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index