STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI TAUHID PADA ANAK USIA DINI DI KB BINA PERSAHABATAN MANDAILING NATAL
Abstract
Penanaman nilai tauhid pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter Islami sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai tauhid di Kelompok Bermain (KB) Bina Persahabatan Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi utama, yaitu pembiasaan harian, metode bercerita islami, keteladanan (uswah hasanah), penggunaan lagu-lagu religi, pengenalan simbol keislaman, dan pendekatan personal kepada anak. Strategi pembiasaan harian menjadi metode yang paling efektif karena sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang cenderung meniru, mengingat melalui pengulangan, dan belajar dari pengalaman langsung. Guru secara konsisten mengajarkan kalimat tauhid seperti “Bismillah,” “Alhamdulillah,” dan “La ilaha illallah” dalam kegiatan harian, sehingga anak mampu menginternalisasikan nilai keesaan Allah dalam perilaku sehari-hari. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti perbedaan kemampuan anak dan kurangnya dukungan dari lingkungan rumah, strategi yang digunakan terbukti efektif dalam menanamkan nilai tauhid secara menyenangkan dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andryani, Y., Ihlas, I., S. Anhar, A., & Ahmadin, A. (2023). Penerapan Pendidikan Tauhid Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Arrahman Nitu. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(2), 159–171. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i2.661
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Budiyanti, N., Komariah, K. S., Parhan, M., Islamy, M. R. F., & Nugraha, R. H. (2022). Menanamkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Nurani. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 8(1)(1), 9–24.
Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak) (p. 23). Kencana.
Mhd. Habibu Rahman. (2024). Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini dalam Bingkai Pendidikan Islam. Medan Resource Center.
Nabila Diana Feba, N. S. S. dan N. A. (2023). Pentingnya Penanaman Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini. Gunung Djati Conference Series, 22, 222–233.
Nainggolan, M., & Lubis, S. I. A. (2023). Penerapan Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Di RA Ar Rahman Sei Paham Asahan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4487–4495.
Siti Naila Fauzia. (2015). Perilaku Keagamaan Islam Pada Anak Usia Dini. PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.541
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sulyati Sulyati, Mhd. Habibu Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index