STRATEGI GURU DALAM MEMBANTU MENGELOLA EMOSI ANAK USIA DINI DI TK ABA 4 TANJUNG TIRAM BATUBARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru dalam membantu anak usia dini mengelola emosi di TK ABA 4 Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Pengelolaan emosi merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini, karena memengaruhi kemampuan mereka dalam berinteraksi, beradaptasi, dan belajar di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan lima strategi utama dalam membantu pengelolaan emosi anak, yaitu: (1) komunikasi empatik, (2) pembiasaan rutinitas harian dan aturan kelas, (3) pendekatan melalui kegiatan bermain dan seni, (4) pemberian contoh atau modeling pengelolaan emosi, serta (5) pendekatan individual terhadap anak dengan kebutuhan emosional khusus. Strategi-strategi tersebut terbukti mampu membantu anak merasa lebih aman, percaya diri, dan terarah dalam aktivitas sehari-hari, sehingga lebih mampu mengelola emosi secara sehat. Keterlibatan aktif guru dalam proses pembelajaran sosial-emosional melalui strategi yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan regulasi emosi anak usia dini. Penelitian ini juga merekomendasikan pentingnya pelatihan guru PAUD dalam bidang kecerdasan emosional dan manajemen perilaku anak sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnan, Aswir, H. (2016). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 12, 1–23.
Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional. Ya Bunayya, 1(1), 29–45.
Filtri, H. (2017). PERKEMBANGANEMOSIONAL ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI IBU YANG BEKERJA Title. PAUD Lectura: Jurnal Pendidkan Anak Usia Dini, 1(1), 32–37.
Lita Anggraini, S. R. (2025). Meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui pembelajaran project based learning di ra bunayya iv. Journal of Science and Social Research, 4307(May).
Mhd. Habibu Rahman. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148
Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
Ritonga, R. S., & Munisa, M. (2022). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini Pada Orangtua Untuk Mencegah Sexual Abuse Anak Usia Dini. Warta Dharmawangsa, 16(3), 603–612. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2251
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilm. Kel. & Kons, 9(3), 171–182.
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.539
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Misnah Dahwan, Mhd. Habibu Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index