STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN RASA EMPATI ANAK MELALUI KEGIATAN SOSIAL DI KB AL AZZAM SEI DADAP ASAHAN

Sri Ayu Kartika, Mhd. Habibu Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membangun rasa empati anak usia dini melalui kegiatan sosial di KB Al Azzam Sei Dadap Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi, yaitu pembiasaan sosial, pelaksanaan proyek sosial, keteladanan, storytelling, pemberian penguatan positif, serta kolaborasi dengan orang tua. Strategi-strategi tersebut dilakukan secara konsisten dan kontekstual, sehingga anak dapat belajar memahami dan merasakan perasaan orang lain melalui pengalaman nyata. Penggunaan proyek sosial terbukti efektif dalam menumbuhkan empati karena melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan yang bermakna. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru yang tepat dan berkesinambungan dapat membentuk sikap empatik anak sejak usia dini sebagai bagian dari pendidikan karakter.


Keywords


Strategi, Guru, Empati, Anak, Sosial

Full Text:

PDF

References


Basori, B. (2024). Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membangun Karakter pada Anak. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 58–63. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.291

Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak) (p. 23). Kencana.

Fauzi, M. R. I., Purwati, P., & Gandana, G. (2024). Penanaman Empati pada Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 525–537. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.900

Febriana, N. S., Muhammad, A., Kemasyarakatan, B., & Pemasyarakatan, P. I. (2023). Pengaruh Empati Terhadap Prososial Pada Anak. Journal Of Social Science Research, 3(5), 3571–3579.

Marini, Eliyah, & Rona. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Kelompok Bermain Budi Mulia Kecamatan Galing Tahun Pembelajaran 2022-2023. Kajian Keluarga, Gender Dan Anak, 6(2), 86–94.

Mhd. Habibu Rahman. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa dan Praktisi PAUD. Edu Publisher.

Mulya, N. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Work Book.

Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.

Utami, R. D. (2023). Early Character Education For Children In Single-Parent Families (Parenting). Scientia, 2(2), 118–124. https://doi.org/10.51773/sssh.v2i2.239




DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.538

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sri Ayu Kartika, Mhd. Habibu Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index