PENANAMAN NILAI EMPATI DAN KEPEDULIAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI KB KARTINI KISARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan bermain peran dapat menanamkan nilai empati dan kepedulian sosial pada anak usia dini di KB Kartini Kisaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan bermain peran dilaksanakan secara tematik dengan skenario yang disesuaikan dengan situasi sosial sehari-hari anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti beberapa sesi bermain peran, anak-anak mulai menunjukkan peningkatan dalam memahami perasaan teman, membantu tanpa diminta, serta membagi peran dan mainan secara sukarela. Guru dan orang tua juga mengamati adanya perubahan perilaku positif pada anak, baik di sekolah maupun di rumah. Kesimpulannya, bermain peran merupakan metode yang efektif untuk menanamkan nilai empati dan kepedulian sosial pada anak usia dini. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung yang mendorong anak untuk berinteraksi, memahami perspektif orang lain, serta membangun sikap peduli terhadap sesama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daviq Chairilsyah. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88–98. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Deporter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Kaifa.
Dewi Astuti, I. S., & Novianti, R. (2023). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL ANAK DI TK AL AZHAR 6 JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. TARBIYAH JURNAL: JURNAL KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 1.
Fauzi, M. R. I., Purwati, P., & Gandana, G. (2024). Penanaman Empati pada Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 525–537. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.900
Munisa, R. D. U. (2023). Peran Mindfull Parenting dalam Membangun Keluarga Di RA Al Ikhlas Konggo Kabupaten Deli Serdang. Journal Of Human And Education, 3(2), 31–35. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/147%0Ahttp://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/147/78
Nainggolan, M., & Lubis, S. I. A. (2023). Penerapan Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Di RA Ar Rahman Sei Paham Asahan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4487–4495.
Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.535
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri wahyuni, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index