RELEVANSI PENDIDIKAN TAUHID DENGAN PENGUATAN MENTAL ANAK USIA DINI DI TK IT DARUL ABROR BATU BARA

Susanti Susanti, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi pendidikan tauhid dalam penguatan mental anak usia dini di TK IT Darul Abror, Kabupaten Batu Bara. Pendidikan tauhid dipandang sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter dan ketangguhan psikologis anak sejak usia dini, terutama dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman yang sarat dengan pengaruh negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi pendidikan tauhid dalam lingkungan pembelajaran. Sumber data utama berasal dari kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua peserta didik, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan materi tauhid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tauhid di TK IT Darul Abror diimplementasikan secara terintegrasi melalui pembiasaan ibadah, keteladanan guru, serta penguatan nilai spiritual dalam pembelajaran. Relevansi pendidikan tauhid terhadap penguatan mental anak usia dini tampak pada peningkatan rasa percaya diri, kestabilan emosi, kemampuan mengelola stres, serta tumbuhnya sikap sabar dan empati. Nilai-nilai ketauhidan menjadi fondasi pembentukan karakter dan ketahanan jiwa anak, sehingga mampu menghadapi tantangan perkembangan usia dini dengan lebih positif dan berdaya tahan.


Keywords


Pendidikan Tauhid, Penguatan Mental, Anak Usia Dini, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Agustia, N. R., Batubara, F. A., & Nofianti, R. (2023). Bimbingan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menanamkan Kesadaran Beribadah Sholat di Desa Kelambir V Kebun Kab. Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2490. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13601/10339

Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Asrori, M. A. R. (2017). Perwujudan nilai-nilai strategis revolusi mental pendidikan pada kearifan lokal pesantren. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14559

Depag, R. I. (1990). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kementerian Agama.

Hairiyah, S. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Kariman , Volume 07 , Nomor 02 , Desember 2019 | 265 Siti Hairiyah & Mukhlis. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 07, 265–282. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/118

Harahap, M. Y., & Ependi, R. (2023). Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah (E. Rianti (ed.)). PT Green Pustaka Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=rRHAEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=HgelMBf3dV&dq=muhammad yunan harahap&lr&hl=id&pg=PA6#v=onepage&q=muhammad yunan harahap&f=false

Haryanto, S. (2022). Kerangka pardigmatik psikologi spiritual. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1115. https://doi.org/10.29210/020221723

Ismail, M. (2014). Konsep Berpikir Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak. XIX(02), 291–312.

Isni, R. A. F. (2023). Konsep Mujahadah an-Nafs dalam mengurangi Hyperfocus dan meningkatkan Kualitas Ibadah pada Penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Gunung Djati Convference Series, 23, 854–874. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1430

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Khadijah, & Amelia, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini ( Teori Dan Praktik (2nd ed.). Prenada Media Group.

Manshuruddin, Rozana, S., & Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies , 4(4), 174–184. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Munisa, M. (2020). Parenting Program in Growing Parents’ Positive Parenting at PAUD Al-Ummah Deli Tua. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3413–3420. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1375

Na’imah, T. (2019). Internalisasi Nilai Akhlaqul Karimah dalam Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Psikologi, 73–85. http://www.journal.uml.ac.id/PSN/article/view/31/19

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Salleh, S., Wazir, R., Abd Rahman, K. A., Sudi, S., Awang, A. H., & Kamarulzaman, A. I. (2022). Managing Mental Health Problems Through Psycho Spiritual Approach. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 7(47), 601–615. https://doi.org/10.35631/ijepc.747047

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Sya’roni, M. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MODEL BOARDING SCHOOL KABUPATEN LAMONGAN. 4(2), 1676–1683. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/hjsk.v7i1.2621

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34.

Widya, R., Rozana, S., Harahap, M. Y., & Panggabean, N. (2024). Pelaksanaan Program Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tuna Grahita Di SLB C Muzdalifah. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 317–322. https://doi.org/10.31004/JH.V4I6.1822

Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.3293




DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.534

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Susanti Susanti, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index