ISLAM DAN PENDIDIKAN EMOSI ANAK USIA DINI: PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM DI PAUD KB ASA KASEA PAKPAK BHARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan emosi anak usia dini dalam perspektif psikologi Islam di PAUD KB Asa Kasea, Pakpak Bharat. Fokus utama penelitian adalah menggali nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam pembinaan emosi anak serta strategi guru dalam mengelola ekspresi emosional anak secara religius dan kontekstual. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data utama terdiri dari guru, kepala sekolah, dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan emosi berbasis psikologi Islam di PAUD KB Asa Kasea memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional anak. Anak-anak mampu mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara lebih sehat dan Islami melalui pembiasaan doa, zikir, dan cerita teladan. Guru berperan sebagai pembimbing spiritual dan emosional, didukung oleh keterlibatan kepala sekolah dan orang tua. Meskipun terdapat keterbatasan pemahaman teoritis di kalangan pendidik, pendekatan ini efektif membentuk karakter anak yang berakhlak mulia sejak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Darwin, Salami, Mahdhar, M., & Nazarullah, M. (2022). Peran Psikologi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.69548/jigm.v1i1.5
Harahap, M. Y., Hamzah, H., Khairi, A. M., & Harahap, T. M. (2022). Parents’ Education Interaction Patterns on The Effectiveness of Supervition and Development of Children’s Religious Character in Kota Pari Village, Pantai Cermin DIstrict, Serdang Bedagai District. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 1(1), 2022. https://doi.org/10.47006/ISCIS.V1I1.14750
Haryanto, S. (2022). Kerangka pardigmatik psikologi spiritual. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1115. https://doi.org/10.29210/020221723
Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264
Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2021). Konseling Kelompok Berbasis Hadits Untuk Mengatasi Emosi Marah Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51214/bocp.v3i1.76
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Lubis, S., & Harahap, M. Y. (2022). Divition of Inheritance in Muslim Communities Pari City, Pantai Cermin District, Regency Serdang Bedagai. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 1(1), 2022. https://doi.org/10.47006/ISCIS.V1I1.14591
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Munisa, M. (2020). Parenting Program in Growing Parents’ Positive Parenting at PAUD Al-Ummah Deli Tua. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3413–3420. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1375
Musripah, M. (2023). Potret Manusia Dalam Perspektif Psikologi Islam. JOUSIP Journal of Sufism and Psychotherapy, 3(2), 167–180. https://doi.org/10.28918/jousip.v3i2.1301
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Saudah, S., Sri Hidayati, & Resti Emilia. (2022). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Membangun Kemandirian Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i1.27174
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Syahrial Harahap, A., Nofianti, R., Rahayu, N., Nitami, D., Ginting, B., Pembangunan, U., & Budi, P. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Yunan Harahap, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24720
Zahra, F. (2021). Tazkiyah dan Pengembangan Psikospiritual dalam Pendidikan Anak: Perspektif Al-Qur’an dan Psikologi Pendidikan (p. 1). UIN Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.533
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF – 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurhayati Habeahan, Abdi Syahrial Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:
PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :
UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id
Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index