ADAB SEBELUM ILMU: PENDIDIKAN AKHLAK ANAK SEJAK USIA DINI DI PAUD KASIH BUNDA KUTADAME

Suciati Suciati, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi konsep "adab sebelum ilmu" dalam pendidikan anak usia dini di PAUD Kasih Bunda Kutadame. Prinsip pendidikan Islam ini menekankan pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak sebelum penguasaan aspek kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Kasih Bunda Kutadame telah berhasil menerapkan prinsip “adab sebelum ilmu” melalui pendekatan pembiasaan, keteladanan guru, dan lingkungan yang religius. Anak-anak dibiasakan mengucap salam, berdoa, dan bersikap sopan sejak masuk sekolah. Faktor pendukungnya antara lain komitmen guru, kerja sama orang tua, dan kegiatan berbasis nilai Islam. Namun, masih terdapat hambatan seperti pengaruh media digital, ketidakkonsistenan pola asuh, dan keterbatasan fasilitas. Meski demikian, model ini efektif dalam membentuk karakter anak sejak usia dini secara spiritual, sosial, dan emosional.


Keywords


Adab Sebelum Ilmu, Pendidikan Akhlak, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdi Syahrial Harahap, & Prodi. (2022). Pendidikan Dan Ta’dib Anak Usia Dini Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 7(1), 57.

Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Ali, P. P., & Marzuki, I. (2023). Penguatan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan di UPT SD Negeri 119 Gresik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.735

Amin, A. (1993). al-Akhlaq, diterjemahhkan oleh Farid Ma’ruf dengan judul Etika; Ilmu Akhlak. Bulan Bintang.

Hadi, S. (2017). Pola Pengasuhan Islami Dalam Pendidikan Keluarga. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 117.

Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan Problem dalam dunia Pendidikan Pendidikan Islam walaupun mempunyai Pendidikan Islam sebagai wadah bingkai toleransi dimana Qur ’ an dan Hadis. Journal of Islamic Education, 2(1), 52–65. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Ismaraidha, M. Y. H. L. H. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 249–362. https://doi.org/10.54298/JK.V7I2.264

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Khairatun Nisa. (2021). Pengembangan Model Pendidikan Akhlak Anak Usia 4-10 Tahun Dalam Al-Qur’an Dan Hadist Pada Kegiatan Parenting DI TK IT Bunayya & Al Hijrah. Thesis.

Marsyivania Ziven Aghata, R. J. R. (2025). Metode Flash dalam Mewujudkan Synergy of Faith and Education di Rumah Tahfidz Al-Quran (RTQ) Aisyiyah Nganjuk. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 80–86. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/oai

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mufidah, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Prososial Berbasis Tri Sentra pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Pena Edukasia, 1(1), 73–87. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.25

Mukmin, S. I. A. (2006). Meneladani Akhlak Nabi: Membangun Kpribadian Muslim (Rosdakarya (ed.)).

Munisa, M. (2020). Parenting Program in Growing Parents’ Positive Parenting at PAUD Al-Ummah Deli Tua. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 3413–3420. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1375

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Ningtyas, R. F. (2018). Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Adab Makan Dan Minum Melalui Metode Simulasi Di Kelas 1 Mi Al-Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Raharjo. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional, Vol. 16 No.3 Mei.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Riska, A., Rahmi, D. A., & Fitri, F. (2023). Implementasi Metode Experiental Learning Dalam Menanamkan Nilai Nilai Dalam Hadist Tentang Adab Makan Untuk Anak Usia Dini. InEJ: Indonesian Engagement Journal, 4(2), 70–87. https://doi.org/10.21154/inej.v4i2.8416

Setiadi, K. (2016). Pelatihan Adab Makan Dan Minum Sesuai Ajaran Islam di Sd. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–23. https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/bisma

Siregar, B., Putri, V., Nurrayza, N., & Putri, V. (2023). Potret Guru Pendidikan Agama Islam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Ar-Rahman Medan Helvetia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1266–1277. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/424

Siregar, S. F., Fuady, Y., Fadli, M., Al-Bukhori, A., Lubis, P. N., Nasution, S. N., Wahyudi, R., Matanari, S., Junaidi, M., & Suryani, I. (2018). Karakter dan Akhlak Pemimpin dalam Perspektif Islam. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(2), 110–116. https://doi.org/10.34007/jehss.v1i2.22

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29–34.

Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32931




DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.532

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Suciati Suciati, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index