REFLEKSI PENGALAMAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI ISLAMI PADA ANAK DI KB BUNDA SHAFIRA ASAHAN

Ade Putri, Abdi Syahrial Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merefleksikan pengalaman guru dalam menanamkan nilai-nilai Islami pada anak usia dini di KB Bunda Shafira Asahan. Nilai Islami yang dimaksud meliputi aspek akhlak, ibadah, dan pembiasaan positif yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru-guru KB Bunda Shafira Asahan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan pengamatan lingkungan belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahap utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di KB Bunda Shafira Asahan menanamkan nilai Islami melalui pembiasaan harian, keteladanan, cerita Islami, lagu, dan permainan edukatif. Guru berperan sebagai model perilaku dan fasilitator pembentukan karakter Islami anak. Strategi yang diterapkan bersifat menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan usia anak. Tantangan utama yang dihadapi meliputi perbedaan latar belakang keluarga peserta didik, inkonsistensi nilai di rumah, serta keterbatasan sarana dan beban emosional guru, yang diatasi melalui refleksi dan komunikasi aktif dengan orang tua.


Keywords


Refleksi Guru, Nilai Islami, Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Ari Khairurrijal Fahmi, N. (1975). Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Syair Imam Al-Syafi’i (Kajian Struktural Genetik). Ageing International, 2(3), 12–13. https://doi.org/10.1007/BF03187648

Awan, V., Pratiwi, S. H., & Ubaidillah, U. (2020). Kegiatan Usab Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7202

Harahap, M. Y. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam. Patron Institute.

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Alfabeta.

Munisa, Utami Rahayu Dwi Utami, Fitri Nurul Aida Fitri, & Abdillah M. Harits Andhri. (2023). Peran Mindfull Parenting dalam Membangun KeluargaDi RA Al Ikhlas Konggo Kabupaten Deli Serdang. Journal of Human And Education, 3(2), 31–35.

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.

Rozana, S. (2024). Teachers’ Strategies In Overcoming Learning Difficulties Of Al-Qur’an Indyslexic Students. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(7), 1851–1862.

Sabariah. (2020). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Dan Refleksi Pelaksanaan Evaluasi Belajar. Jurnal Tazkiya UINSU, 9(2), 122–133.

Siregar, B. (2023). POTRET IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Tahta Media Group.

Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Tumiran, T. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( Dalam Kajian Aqidah Akhlak). Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 26–44. https://doi.org/10.54248/ALHADI.V6I1.1084




DOI: https://doi.org/10.4657/pfai.v5i0.531

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ade Putri, Abdi Syahrial Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Terindex pada:


PROSIDING FAKULTAS AGAMA ISLAM PUBLISHED BY :

UPT. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : ppi@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Prosiding Fakultas Agama Islam By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/index